Fan K-Pop Ramaikan Tagar #KoreaTeAmo usai Korsel Tekuk Jerman

Resty Armenia, CNN Indonesia | Kamis, 28/06/2018 08:30 WIB
Fan K-Pop Ramaikan Tagar #KoreaTeAmo usai Korsel Tekuk Jerman Fan K-pop di Meksiko ikut meramaikan tagar #KoreaTeAmo, yang berarti 'Korea Aku Cinta Kamu,' usai timnas Korsel menekuk Jerman di kualifikasi Piala Dunia 2018. (REUTERS/John Sibley)
Jakarta, CNN Indonesia -- Para penggemar K-pop di Amerika Latin, khususnya Meksiko, ikut meramaikan tagar #KoreaTeAmo, yang berarti 'Korea Aku Cinta Kamu,' setelah timnas Korea Selatan mengalahkan Jerman di babak kualifikasi Piala Dunia 2018. Tagar ini sempat menjadi tren di Twitter.

Usai menjadi rival Meksiko pada Sabtu (23/6) lalu, Korea Selatan kini amat dicintai oleh warga Meksiko setelah Taeguk Warriors mengalahkan timnas Jerman 2-0 di Stadion Kazan, Rusia. Karena kekalahan Der Panzer, timnas Meksiko dipastikan melaju ke babak 16 besar.

Simpati dan perayaan warga Meksiko untuk Korea Selatan merebak di media sosial. Video candaan antara Youtuber Ricardo O'Farrill dan fotografer Park Seo Ju yang direkam pekan lalu bahkan menjadi viral saat ini.





"Di stadium mereka mendengar penggemar mendukung Korea," ujar O'Farrill kepada Verne El Pais.

"Hasilnya [kemenangan Korea Selatan atas Jerman] memang tidak berpengaruh apapun [untuk Korea Selatan], tapi dukungannya sungguh luar biasa," kata Park Seo Ju.

"Hal keren tentang ini adalah bahwa akhirnya di Meksiko orang-orang akan tahu bahwa orang Asia bukan hanya orang China," sahut O'Farrill.

"Kesempatan. Jika Jerman menang, maka ini semua tidak akan terjadi," imbuhnya.


Dukungan Meksiko tak hanya bersemi di dunia maya. Di Kantor Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Meksiko. Halaman depan kantor diplomat ini dipenuhi ratusan penggemar yang berteriak dan bernyanyi lagu yang menyampaikan rasa terima kasih kepada timnas Negeri Ginseng.

Duta Besar Korea Selatan untuk Meksiko Kim Sang Il pun keluar dari kantornya dan menyapa para penggemar Meksiko.

"Ini pertama kalinya dalam karier diplomat saya bisa melihat sesuatu seperti ini. Hasil [pertandingan] tidaklah penting, yang penting adalah hubungan persahabatan antara Korea dan Meksiko," ujar Menteri dan Konsul Jenderal Korea Selatan, Han Byoung Jin.

"Saya sangat bersemangat mengetahui Meksiko bisa lolos ke babak 16 besar," imbuhnya.






Fan K-Pop Turut Andil

Para penggemar K-pop di Amerika Latin, khususnya Meksiko, pun turut andil dalam merayakan kemenangan Korea Selatan atas Jerman dengan meramaikan tagar #KoreaTeAmo.

Menurut pantauan CNNIndonesia.com, tagar ini penuh dengan penggemar K-pop yang mencuit soal musisi Korea favorit mereka. Bisa dilihat fan BTS misalnya, yang memberi alasan mengapa mereka menggemari grup itu.






Ada pula yang dengan bangga memberikan informasi bahwa lagu grup kesayangannya tengah diputar di televisi publik Meksiko.







Selain itu, ada juga yang memberi daftar lagu-lagu hit BTS yang mereka rekomendasikan untuk penggemar lainnya dan stasiun televisi.



(res)