Joe Taslim Beri Nasihat pada Indonesia Jelang Asian Games

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Selasa, 03/07/2018 18:30 WIB
Joe Taslim Beri Nasihat pada Indonesia Jelang Asian Games Joe Taslim punya pesan untuk Indonesia menjelang Asian Games 2018. (Detikcom/Muhammad Ridho)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor sekaligus mantan atlet judo Joe Taslim menyampaikan pesan terkait Asian Games 2018 yang akan segera dilangsungkan di Jakarta dan Palembang. Dia mengajak masyarakat Indonesia, tuan rumah Asian Games 2018, agar tetap dapat menjaga citra bangsa.

Ia mencontohkan Jepang di ajang Piala Dunia.

Dalam sebuah unggahan di akun Instagram, Joe menyampaikan petuahnya disertai sebuah foto ruang ganti pemain Jepang di Piala Dunia yang tengah ramai menjadi perbincangan.



"Sesuatu yang baik untuk kita semua jadikan inspirasi," tulisnya di awal keterangan, yang merujuk pada sikap pemain Jepang.

Pemain Jepang menuai pujian meski kalah di babak 16 besar Piala Dunia tahun ini. Mereka tetap menunjukkan rasa hormatnya dengan berterima kasih pada fan di stadion, membersihkan ruang ganti, dan berbicara kepada media. Mereka bahkan meninggalkan pesan ucapan terima kasih di meja ruang ganti dengan bahasa Rusia.

"Dalam olah raga kalah menang itu biasa, tapi di saat kita sudah memberikan yang terbaik untuk negara, itulah kehormatan tertinggi, lebih dari medali dan berdiri di podium. Itulah esensi utama dari sportivitas dan nasionalisme," lanjut Joe.


"Tidak membuat malu citra bangsa, dan itulah mental juara sejati," lanjutnya.

Bintang The Raid itu juga berpesan agar masyarakat atau tim yang mewakili negara di ajang Asian Games menyambut laga besar itu dengan semangat positif dan menjunjung nilai-nilai yang baik.

"Memberikan penampilan bukan hanya yang terbaik, tapi juga dengan nilai-nilai baik, jujur, semangat, sportif, semangat tempur sampai titik darah penghabisan. Tapi tetap kehormatan bangsa di atas segala-galanya," tambah aktor berusia 37 tahun itu.

[Gambas:Instagram]

Aktor yang pernah bergabung dalam timnas Judo Indonesia pada 1997-2009 itu mengakhiri imbauannya dengan berkelakar soal dirinya.

"Ini pesan Bang Joe yang katanya mirip Okazaki, dulu pernah jadi atlet Indonesia yang prestasinya biasa-biasa aja, tapi selalu bangga pernah bela merah putih," tutupnya.

Gelaran Asian Games 2018 akan dilangsungkan mulai 18 Agustus hingga 2 September mendatang. (rsa)