FOTO: Ikan Menari di Art Aquarium Jepang

Reuters, CNN Indonesia | Sabtu, 07/07/2018 21:00 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Seni tak melulu hanya melibatkan manusia. Di pameran Art Aquarium 2018 di Jepang, delapan ribu ikan menari diiringi pencahayaan dan efek berwarna-warni.

Seni tak melulu hanya melibatkan manusia. Di Art Aquarium 2018, 8.000 ikan menari secara elegan. Ribuan ikan itu seakan turut merayakan keindahan seni yang didukung dengan berbagai displai estetik. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Tahun ini, Art Aquarium yang digelar di Nihonbashi mengusung tema ‘Edi: Coolness of KINGYO.’ Kingyo, atau ikan emas, telah menjadi ikon sejarah di area Nihonbashi, di mana orang-orang akan datang untuk melihat ikan emas dan bersantai sambil beristirahat dari terik matahari di musim panas. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Acara yang secara resmi bernama Eco Edo Nihonbashi Art Aquarium ini diselenggarakan setiap musim panas sejak 2011. Awalnya, acara ini ditujukan untuk merayakan ulang tahun ke-100 jembatan di Nihonbashi. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Karena menarik banyak pengunjung, penyelenggara akhirnya menjadikan ini sebagai acara tahunan di Tokyo dan tahun ini merupakan gelaran ke-8. Meski pada hari biasa, lokasi pameran ini dibanjiri pengunjung. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Pameran ini memamerkan mangkuk, akuarium, tangki dan kolam dengan pencahayaan dan efek berwarna-warni. Secara umum, acara ini lebih seperti tempat untuk menjepret foto menarik daripada berkontemplasi hasil karya seni. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Art Aquarium 2018 buka mulai 6 Juli hingga 24 September pukul 11.00 hingga 23.30 waktu setempat. Penyelenggara membanderol tiket masuk 1.000 yen (sekitar Rp130 ribu) untuk pengunjung 13 tahun ke atas, dan 600 yen (sekira Rp78 ribu) bagi pengunjung berusia 4-12 tahun. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Dari pukul 19.00 waktu setempat, lokasi pameran ini disulap menjadi spot minum-minum dengan DJ, pertunjukan cahaya, minuman spesial dan sake premium di ‘akuarium malam.’ (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Seluruh karya seni yang dipamerkan di Art Aquarium 2018 merupakan karya seniman Jepang Hidetomo Kimura. Bagi wisatawan yang tertarik, bisa mengunjungi lokasi pameran di Nihonbashi Mitsui Hall 2-2-1 Nihonbashi Muromachi Chuo-ku, Tokyo. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)