Jang Geun Suk Tetap Ikut Wamil Meski Derita Gangguan Bipolar

Resty Armenia, CNN Indonesia | Jumat, 06/07/2018 19:55 WIB
Jang Geun Suk Tetap Ikut Wamil Meski Derita Gangguan Bipolar Jang Geun Suk akan tetap mengikuti program wajib militer mulai 16 Juli mendatang, meski dia dinyatakan menderita gangguan bipolar. (SBS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor Jang Geun Suk akan tetap mengikuti program wajib militer (wamil) mulai 16 Juli mendatang, meski dia dinyatakan menderita gangguan bipolar.

Pada Jumat (6/7), dalam sebuah pernyataan resmi, agensi Tree J Company yang menaungi Jang Geun Suk mengonfirmasi bahwa bintangnya akan menjalani wamil.

"Jang Geun Suk ditetapkan untuk menjadi tentara level 4 karena menderita gangguan bipolar ketika menjalani ujian fisik yang dilakukan Administrasi Tenaga Kerja Militer. Dia akan mulai kewajiban militernya pada 16 Juli. Karenanya, dia berencana untuk menjadi seorang staf pelayan publik selama dua tahun," tulis pernyataan Tree J Company, melansir Osen via Nate.



Agensi itu juga menyebut bahwa Jang Geun Suk tidak ingin menyiarkan informasi mengenai dirinya mengikuti wamil, karena khawatir akan keributan dan merepotkan orang lain.

Meski demikian, bintang drama Switch itu, menurut agensinya, ingin secara personal menginformasikan kepada para penggemar yang telah mendukungnya dan berada di sampingnya selama 27 tahun.

"Setelah dia menulis pesan di situsnya, kami akan merilis pernyataan resmi, jadi kami minta pengertiannya atas pemberitahuan yang terlambat ini."

[Gambas:Instagram]

"Jang Geun Suk pertama kali didiagnosis dengan gangguan bipolar di rumah sakit kampus pada 2011 dan terus diminta untuk dites ulang di setiap ujian fisik setelah ini. Pihak sang aktor tidak pernah meminta untuk menunda pendaftaran wamil, dia selalu setia mengikuti permintaan Asosiasi Tenaga Kerja Militer untuk ujian ulang. Baru-baru ini, dia menerima pemberitahuan wamil sebagai seroang staf pelayan publik level 4."


Hasil kategori ujian fisik, papar Tree J Company, merupakan informasi privat. Namun, karena selama ini banyak pihak yang menyangka Jang Geun Suk selalu menunda mengikuti program wamil membuat agensi itu harus mengungkapnya.

"Jang Geun Suk sangat tahu bahwa dia bisa ada dan tumbuh berkat ketertarikan dan cinta dari penggemar. Meski ini adalah sebuah problem yang sangat personal, kami berpikir ini adalah tanggung jawab kami untuk menginformasikan kepada publik secara jelas," tulis mereka.

Agensi itu juga menyebut sang aktor telah berupaya untuk bisa sembuh dari gangguan bipolarnya dan bekerja keras untuk menemukan keseimbangan dalam hidup sementara mengalami efek samping dari proses ini.

"Dia minta maaf karena tidak bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Jang Geun Suk akan mendapatkan pelatihan dasar sebagai seorang staf pelayan publik pada 16 Juli dan menyelesaikan pelayanan militer alternatif selama dua tahun. Dia akan setia menyelesaikan tugas apapun yang dia terima dengan tanggung jawab."

"Kami akan berusaha yang terbaik sehingga dia bisa kembali dengan lebih sehat dan dewasa. Terima kasih," tutup mereka.


[Gambas:Instagram]

Tak lama setelah pernyataan agensinya, melansir Star News via Naver, Jang Geun Suk pun menulis surat kepada para penggemarnya secara personal.

"Halo. Saya tak yakin bagaimana harus memulai ini. Saya ragu-ragu dan khawatir cukup lama. Namun, lebih dari apapun, saya pikir ini waktu yang tepat untuk menyapa para eel-julukan penggemar Jang Geun Suk-dulu. Mari ucapkan selamat tinggal sementara," tulisnya.

"Halo adalah sebuah kata untuk ketika kalian bahagia melihat seseorang yang sudah lama tidak kalian temui, dan itu juga sebuah kata untuk ketika kalian berpisah. Kali ini, sayangnya, adalah untuk berpisah..."

"Setiap orang pastinya sudah mempersiapkan hati di level tertentu, namun sekarang saat saya sendiri mengatakannya, ini terasa seperti realita kan? Ini adalah waktu yang tiba kepada saya juga dan saya menunggu dengan kalem."


"Saya agak terkejut karena saya pergi [wamil] saat usia saya lebih tua dari yang lain. Ketika saya melihat ke belakang saya bisa menyelesaikan 2017 dan memulai 2018 dengan kalian semua. Hanya setengah tahun tersisa dan waktu berjalan begitu cepat seperti biasanya, jadi saya merasa menyesal harus mengucapkan salam perpisahan."

"Saya ingin menghabiskan waktu dua tahun yang diberikan kepada saya sekarang sebagai sebuah waktu yang berharga. Setelah saya debut di usia yang amat muda, selama 27 tahun saya tidak pernah beristirahat. Saya tidak berpikir bahwa saya punya waktu dengan saya sendiri."

"Ingatlah... kita beristirahat sejenak. Kalian semua, jagalah kesehatan kalian dan jangan sakit. Dan saya mencintai kalian. Dan, jika kalian selingkuh, kalian mati," tutup Jang Geun Suk dengan berkelakar.

Gangguan bipolar adalah suatu penyakit kejiwaan yang menyebabkan penderitanya mengalami perubahan suasana hati naik dan turun secara drastis, dari mania menjadi depresi atau sebaliknya.

[Gambas:Instagram]

(res)