Iqbaal: Jadi Juara Asian Games Itu Berat, Biar Indonesia Saja

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Kamis, 12/07/2018 20:55 WIB
Iqbaal: Jadi Juara Asian Games Itu Berat, Biar Indonesia Saja Iqbaal Ramadhan punya harapan tersendiri bagi Indonesia di ajang Asian Games 2018, selain jadi tuan rumah yang baik juga jawara ajang tersebut. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor dan penyanyi Iqbaal Ramadhan turut bersemangat menyambut Asian Games 2018 yang akan dilangsungkan bulan depan. Dia juga mengaku bangga terhadap Indonesia yang kali ini jadi sebagai tuan rumah ajang olahraga terbesar se-Asia itu.

"Gue pribadi sebagai generasi milenial merasa bangga Asian Games diselenggarakan di Indonesia. Gue benar-benar berharap Indonesia sebagai tuan rumah dapat menang dan meraih prestasi, pang jagona kalo kata orang Sunda, Indonesia tuh," kata Iqbaal, dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (12/7).

Berkaca dari pengalaman yang ia dapat kala ikut dalam acara Pacific Asian National Day (PAND), bintang film Dilan 1990 ini menyatakan bahwa mewakili Indonesia itu merupakan sebuah tanggung jawab yang besar.



Ia merasa kala itu, reputasi 250 juta penduduk Indonesia berada di pundaknya. Namun di sisi lain, ia menilai dapat mewakili Indonesia di suatu acara internaisonal jadi kesempatan yang patut disyukuri karena langka.

"Karena gue tahu banyak anak-anak muda lain yang juga berharap ada di posisi yang sama pada saat itu, jadi gue selalu ingin menunjukkan yang terbaik, bahwa Indonesia itu keren banget men," ujar aktor 18 tahun itu bersemangat.

Dengan pengalaman dan kesempatan itu, mantan personel Coboy Junior ini lantas mengajak masyarakat untuk mendukung para atlet Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2018.

"Beban para atlet yang berjuang untuk Indonesia pasti berat, gue tau rasanya, yuk kita tonton atlet Indonesia rame-rame secara langsung. Jadi juara itu berat, biar Indonesia saja yang jadi juara," kata Iqbaal meniru dialognya di film Dilan 1990.


Di samping itu, Iqbaal turut berharap kepada masyarakat Indonesia khususnya di Jakarta dan Palembang untuk menjadi tuan rumah yang baik.

"Satu, kita ini termasuk salah satu negara yang warganya terkenal murah senyum ya, just give your best smile," ujar Iqbaal.

Dia melanjutkan, "Untuk yang kedua, sesederhana jangan buang sampah sembarangan. Tunjukan apa yang kita ingin mereka lakukan di sini, kayak 'ah gue enggak ingin mereka buang sampah', 'ah gue ingin mereka tertib', itu kita yang tunjukkan dan mencontohkannya." (end)