Sandra Oh, Wanita Asia Pertama Nomine Aktris Terbaik Emmy

Resty Armenia, CNN Indonesia | Jumat, 13/07/2018 10:13 WIB
Sandra Oh, Wanita Asia Pertama Nomine Aktris Terbaik Emmy Aktris Sandra Oh menjadi wanita Asia pertama yang menjadi nomine Aktris Terbaik di ajang penghargaan insan pertelevisian Emmy Awards. (Mike Coppola/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktris Sandra Oh menjadi wanita Asia pertama yang menjadi nomine Aktris Terbaik di ajang penghargaan insan pertelevisian Emmy Awards.

Bintang berusia 46 tahun ini masuk nominasi Aktris Terbaik Emmy Awards 2018 dalam Serial Drama berkat penampilan ciamiknya sebagai staf keamanan MI5 Eve Polastri di serial thriller BBC America, Killing Eve. Dengan demikian, dia menjadi aktris Asia pertama yang menjadi nomine di kategori tersebut.

Dalam memperebutkan piala, Sandra Oh akan bersaing dengan Claire Foy (The Crown), Elisabeth Moss (The Handmaid's Tale), Keri Russell (The Americans), Evan Rachel Wood (Westworld), dan Tatiana Maslany (Orphan Black).



Ini juga menjadi nominasi Emmy Awards keenam bagi aktris keturunan Korea yang lahir di Kanada itu. Dia sebelumnya pernah menjadi nomine lima kali di kategori Aktris Pendukung Terbaik dalam Serial Drama berkat perannya sebagai Cristina Yang di Grey's Anatomy.

"Saya merasa luar biasa bersyukur dan bahagia dengan nominasi ini," ujar Sandra Oh dalam sebuah pernyataan kepada E! News.

"Saya bersemangat untuk nominasi Phoebe Waller-Bridge dan seluruh pemeran dan kru Killing Eve. Saya membagikan momen ini dengan komunitas saya. PS. Saya pikir ibu saya saat ini mungkin puas," imbuhnya.


Penulis Killing Eve Phoebe Waller-Bridge juga masuk nominasi Tulisan Terbaik untuk Serial Drama.

Pada 2010, Archie Panjabi menjadi penampil pertama keturunan Asia yang meraih piala Emmy Awards berkat aktingnya. Dia mendapatkan penghargaan Aktris Pendukung Terbaik dalam Drama atas peranya di The Good Wife.

Selain itu, pada 2016 lalu, Riz Ahmed berhasil mendulang piala Aktor Utama Terbaik di Serial Terbatas berkat penampilannya di serial The Night Of. Ia menjadi aktor keturunan Asia pertama yang mendapat piala Emmy Awards di kategori akting.

(res)