Jokowi Minta Ekosistem Industri Kreatif dievaluasi

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Minggu, 22/07/2018 20:55 WIB
Jokowi Minta Ekosistem Industri Kreatif dievaluasi Presiden Joko Widodo muncul di tengah penonton gelaran festival musik We The Fest 2017. (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo mengatakan ekosistem industri kreatif Indonesia perlu dievaluasi. Salah satunya terkait kolaborasi di antara ekosistem industri tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Negara disela kunjungannya di festival musik We The Fest (WTF) 2018, Jakarta Internasional Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Saya kira membangun ekosistem dunia industri kreatif kita memang butuh proses, kalau ekosistem terbentuk saling kait mengait sehingga saling dukung-mendukung itu ada," kata Jokowi, Minggu (22/7).



Mantan wali kota Solo ini mengatakan potensi industri kreatif Indonesia sangat berpotensi karena memiliki 714 suku dengan tradisi yang berbeda. Menurutnya tradisi itu bisa diimplementasikan dalam industri kreatif.

"Itu menjadi sebuah kekayaan untuk diangkat dalam fashion, kuliner, macam macam, kemudian musik, semuanya. Saya kira kalau mengangkatnya benar, bisa menjadi sebuah kekuatan, potensi," kata Jokowi.

Jokowi datang ke WTF sekitar pukul 17.20 WIB. Ia langsung menyambangi panggung WTF yang menampilkan White Shoes and The Couples Company bersama Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dan pengamat musik Adib Hidayat.


Kala itu, White Shoes and The Couples Company membawakan lagu Lembe-Lembe dan Tam Tam Buku. Lagu daerah yang diaransemen itu terdapat dalam album Menyanyikan Lagu-Lagu Daerah (2013).

"Ya bagus, lagu daerah digarap dengan kekinian. Diaransemen lagi dicocokkan dengan masa saat ini, saya kira bagus," kata Jokowi.

Usai menonton pertunjukan, Jokowi sempat mengunjungi tempat penjualan pernak-pernik WTF 2018. Di tempat itu terlihat pula anak pertama Jokowi, Gibran Rakabuming.


Sebelum pergi, Jokowi mengunjungi panggung This Stage Is Banana yang sedang menampilkan Kimokal. (lav/lav)