Hari Anak Nasional

FOTO: Kala Suara Sasha dan Rara Beri 'Nyawa' Boneka

CNN Indonesia/Hesti Rika, CNN Indonesia | Senin, 23/07/2018 13:00 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kalau dulu ada Ria Enes yang menyuarakan boneka Susan, kini anak-anak seperti Sasha (14) dan Rara (10) pun tertarik menekuni seni suara perut (ventriloquism).

Perkembangan seni suara perut di Indonesia tak sepesat kesenian yang lain. Seni yang biasa disebut ventriloquism ini biasanya menampilkan seorang ventriloquist dengan boneka yang berbicara tanpa menggerakan bibir. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Sasha (14) dan Rara (10) kakak beradik yang menekuni ventriloquism sejak 5 tahun yg lalu. Mereka selalu tampil dengan boneka bernama Shania dan Saskia. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Sasha mulai belajar olah seni suara perut saat usia 9 tahun dengan Bapak Ventriloquist Indonesia, Gatoet Soenjoto. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Sasha dan Rara bersekolah di homeschooling Primagama Sunter. Rara belajar menjadi ventriloquist dari sering melihat kakaknya tampil dan berlatih. Rara pun mengolah suara perut dan menemukan suara yang cocok untuk bonekanya. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Inspirasi cerita yang ditampilkan Sasha dan Rara biasanya berasal dari lingkungan sekitar, misalnya tentang motivasi bersekolah. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Rara berlatih dengan Sasha memainkan boneka puppet. Bermain layaknya seorang dalang, boneka puppet dimainkan menggunakan tangan dan saling mengborol satu sama lain, mengeluarkan suara dengan bibir yang masih bergerak. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Kebanyakan para ventriloquist didominasi oleh orang dewasa, dikarenakan susahnya membagi suara antara diri sendiri dan suara boneka. Biasanya karakter boneka yg dimainkan memiliki suara anak-anak yang nyaring. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Sasha dan Rara saat bersiap untuk tampil. Duet Sasha dan Rara dengan bonekanya berdurasi sekitar 20 menit. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Selain menghibur sajian humor, saat tampil mereka menyelipkan kata-kata motivasi kepada penontonya. (CNN Indonesia/ Hesti Rika).
Sasha dan Rara sangat senang ketika penontonnya yang mayoritas anak-anak menyukai karakter boneka Shania dan Saskia. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)