Laporan dari Belanda

Premier di Belanda, 'Si Doel' Pusing Kebanjiran Peminat

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Senin, 23/07/2018 19:28 WIB
Premier di Belanda, 'Si Doel' Pusing Kebanjiran Peminat Premier film 'Si Doel The Movie' yang ditayangkan di Amsterdam, Belanda pada Senin (23/7) kebanjiran peminat. (CNN Indonesia)
Amsterdam, CNN Indonesia -- Sebanyak lebih dari 700 penonton akan memadati bioskop Tuschinski, Amsterdam, Belanda, dalam gelaran penayangan perdana film Si Doel The Movie yang akan digelar Senin (23/7) malam waktu setempat.

Ratusan orang tersebut datang dari masyarakat Indonesia di Belanda dan sejumlah negara di sekitarnya, perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Belanda, dan sejumlah tamu undangan dari negara tetangga Indonesia.

Rano Karno, sutradara sekaligus pemain Si Doel The Movie mengatakan jumlah peminat untuk menonton film ini membeludak hingga lebih dari 1.800 permintaan. Namun, karena keterbatasan lokasi, maka pihak penyelenggara tak bisa memenuhi semua keinginan penggemar tersebut.


"Kalau dari permintaan yang kami terima, baik dari surel maupun media sosial, ada sekitar 1.800-an," kata Rano saat berbincang dengan CNNIndonesia.com, di sela persiapan premier Si Doel The Movie, Senin (23/7) siang.



Namun, bioskop tempat premier yang berlokasi di Tuschinski hanya mampu menampung 750 penonton. Rano menyebut ia dan timnya sudah berusaha mencari bioskop lain untuk tambahan lokasi premier, namun semua bioskop di Amsterdam ternyata penuh.

"Kami nanti akan buat sesi meet and greet untuk mereka yang belum bisa menonton malam ini," kata Rano.

Penayangan Si Doel The Movie tergolong bersejarah, selain karena mengangkat kembali cerita serial yang hit di dekade '90-an, film ini tercatat sebagai film Indonesia pertama yang melakukan premier komersil di Eropa.

Pun lokasi yang digunakan untuk premier adalah bioskop prestise di Belanda. Tuschinski adalah bioskop modern pertama di Belanda, dibangun pada 1919, dan disebut sebagai salah satu bioskop dengan arsitektur terindah di dunia yang kerap jadi lokasi premier film Hollywood di Negeri Kincir Angin itu.

"Kami sudah mengincar [premier di Tuschinski] dari dua tahun yang lalu. Waktu itu mau premier film 'Negeri Van Oranje' pada 2015 tapi belum ada kesempatan, masuklah film Si Doel ini," kata Frederica, produser Falcon Pictures kepada CNNIndonesia.com di sela-sela persiapan premier.



Rano menyebut bahwa ia sendiri tak menyangka bahwa film yang ia garap setelah nyaris satu dekade tak menggarap dunia perfilman ini akan mendapatkan sambutan yang meriah.

"Deg-degan [untuk premier di Belanda] sih tidak. Tapi yang tidak terduga ya soal tempat ini, semula kami hanya menargetkan sekitar 500 undangan. Pusing juga jadinya," kata Rano.

"Kemarin sudah datang juga peminat untuk Si Doel dari Norwegia, tapi belum dapat kursi untuk menonton malam ini. Kan kasihan," lanjutnya.

Pun Rano menyebut ia dan tim Falcon Pictures selaku studio yang menaungi film cinta segitiga Doel, Zaenab, dan Sarah itu menyebut berencana bekerjasama dengan KBRI Belanda untuk mengadakan acara nonton bareng Si Doel The Movie di Belanda pada pekan depan.



Film Si Doel The Movie akan mengisahkan kelanjutan kisah cinta Doel, Sarah, dan Zaenab yang sempat hit melalui sinetron Si Doel Anak Sekolahan (1994-2003) dan dilanjutkan dengan Si Doel Anak Pinggiran (2005) dan Si Doel Anak Gedongan (2011).

Para pemain dalam sinetron pun hadir kembali pada film ini, seperti Rano Karno, Cornelia Agatha, Maudy Koesnaedy, Suti Karno, dan Mandra.

Film ini sendiri akan melakukan premier di Jakarta pada 28 dan 29 Juli, serta rilis di bioskop di Indonesia pada 2 Agustus 2018.

[Gambas:Video CNN] (arse)