Angklung Indonesia Mulai Masuk Kurikulum Sekolah di Inggris

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 26/07/2018 10:07 WIB
Angklung Indonesia Mulai Masuk Kurikulum Sekolah di Inggris Angklung dari Indonesia mulai dipelajari di sekolah-sekolah di Inggris. (Ilustrasi/Anadolu Agency/Mahendra Moonstar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Angklung Indonesia semakin mendunia. Alat musik tradisional itu bahkan mulai diajarkan di sekolah-sekolah di Inggris, seperti dilaporkan kantor berita Antara.

Setidaknya ada dua sekolah yang sudah memasukkan angklung menjadi bahan pelajaran. Pusat pembelajaran angklung di Inggris digelar di Havering Music School di London Timur dan Whitefield School di London Utara. Beberapa sekolah di kluster lain belajar dari sana.

Itu disampaikan Menteri Kanselir KBRI London, Thomas Siregar.



London memang baru saja mendapat hadiah seperangkat musik angklung. Prof. E. Aminudin Aziz sebagai Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI London menyerahkan alat musik itu ke Havering Music School beberapa waktu lalu. Penyerahan disaksikan anggota Dewan Kota dan wali murid.

Acara itu juga diwarnai permainan lagu Somewhere My Love dan Indonesia Sarinade, yang membuat orang tua serta siswa terpukau lantaran angklung-angklung bisa mengalun harmonis.

Setelah penyerahan, sekolah setuju bahwa salah satu warisan budaya dari Indonesia yang diakui UNESCO itu resmi masuk sebagai bagian kurikulum pembelajaran musik. Sebelumnya, sekolah yang sama juga sudah memasukkan seni musik gamelan ke dalam kurikulumnya.


KBRI London juga getol mempromosikan angklung dengan mendatangkan pelatihnya langsung dari Bandung, kampung halaman alat musik itu. Maestro angklung Aan Handoyo melatih lebih dari 1.500 siswa, puluhan guru dan ratusan masyarakat London selama dipanggil ke sana.

Tak hanya satu arah, beberapa guru juga dikirim KBRI London ke Bandung untuk belajar. (Antara/rsa)