FOTO: Rok Tutu dan Pointe Shoe di Tengah Jalanan Sebu

REUTERS/Henry Romero, CNN Indonesia | Senin, 30/07/2018 13:49 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Balerina membuat pengguna jalan dan kendaraan di tengah lampu lalu lintas di Mexico lebih cerah dengan tarian Swan Lake, The Nutcracker sampai Michael Jackson.

Para pengguna kendaraan di Mexico City tidak akan bosan saat menunggu lampu lalu lintas di perempatan jalan. Sebab bersamaan dengan lampu menyala merah, ada pertunjukan seni di hadapan mereka. (REUTERS/Henry Romero)
Pertunjukan yang durasinya hanya 58 detik itu memang sengaja dipertontonkan oleh sebuah perusahaan teater untuk membuat hari para pengguna kendaraan maupun pejalan kaki lebih cerah dan tak bosan saat menunggu lampu berganti hijau. (REUTERS/Henry Romero)
Perusahaan itu ‘menurunkan’ balerina-balerina yang menari berjajar dengan rok tutu dan pointe shoe. Dagu mereka terangkat tinggi, lengan mereka meliuk gemulai. Di hadapan para pengguna kendaraan, mereka beraksi. (REUTERS/Henry Romero)
Tak hanya pengguna kendaraan, mereka yang sedang berjalan dan tak sengaja lewat situ pun terhibur. Bahkan ada yang berlari pulang dan kembali mengajak dua cucu perempuannya untuk menonton pertunjukan gratis itu. (REUTERS/Henry Romero)
Tarian yang disajikan beragam, mulai balet klasik seperti Swan Lake dan The Nutcracker sampai goyangan dari lagu Rock with Me milik Michael Jackson. (REUTERS/Henry Romero)
Lagu-lagu untuk mengiringi tarian itu dikumandangkan lewat pengeras suara yang disambungkan ke iPod. Mereka berebutan menguar dengan suara lengkingan klakson, deru mobil maupun teriakan pengendara lain yang sedang tidak berhenti. (REUTERS/Henry Romero)
Kelompok balet itu menyiapkan tujuh lagu yang berbeda. Masing-masing juga punya tarian yang berbeda, yang dilakukan oleh balerina dengan kostum yang berbeda-beda pula. (REUTERS/Henry Romero)
Konon, ide menarik yang sudah dilakukan sejak dua pekan lalu itu muncul dari fotografer Oscar Rodriguez yang pernah memotret tari jalanan. Pertunjukan kali ini dinamai ‘teatrikal di ruang publik.’ Semakin lama, pertunjukan itu semakin menarik peminat. (REUTERS/Henry Romero)