Pendobrak Skandal Watergate Bikin Buku tentang Donald Trump

AFP, CNN Indonesia | Rabu, 01/08/2018 09:14 WIB
Pendobrak Skandal Watergate Bikin Buku tentang Donald Trump Donald Trump akan dibukukan oleh jurnalis yang sama seperti yang membukukan skandal Watergate Richard Nixon. (REUTERS/Kevin Lamarque)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Richard Nixon pernah digulingkan oleh jurnalis lewat laporan soal skandal Watergate, yang kemudian dibukukan bahkan difilmkan menjadi All The President's Men.

Nixon yang saat itu terpilih kembali dalam Pemilu AS, kemudian mengundurkan diri.

Kini, salah satu jurnalis itu, Bob Woodward akan melakukan hal yang sama untuk Donald Trump. Woodward akan menulis buku baru soal administrasi Trump, Presiden AS sekarang.



Judul buku itu Fear: Trump in The White.

Mengutip AFP, buku itu "mengungkap detail yang tak pernah diketahui sebelumnya tentang kehidupan mengerikan di dalam Gedung Putih masa Donald Trump dan bagaimana sang presiden membuat keputusan atas kebijakan besar dalam maupun luar negeri."

Buku itu akan diterbitkan oleh Simon & Schuster. Fear: Trump in The White rencananya tayang pada 11 September mendatang.


Sayangnya, penerbit itu tidak mengulas lebih jauh kejadian apa saja yang diungkap di dalam buku. Pun tidak diketahui kebijakan apa saja yang dibuat oleh Trump dan akan dibahas.

Masa kepemimpinan Trump sendiri saat ini belum ada dua tahun. Namun masa-masa itu sudah dipenuhi kontroversi dan skandal, termasuk soal keterlibatan Rusia dalam Pemilu AS.

Belum ada ulasan soal berapa lama Woodward mengerjakan buku itu dan investigasi seperti apa yang ia lakukan. Sebelumnya, ia terkenal akan investigasinya terhadap Nixon, yang dilakukan bersama Carl Bernstein. Keduanya adalah wartawan The Washington Post.


Mereka melaporkan kejadian penyelinapan dan penempatan rekaman di Watergate, tempat tim sukses lawan politik Nixon. Gedung Putih, atau Nixon yang saat itu berkuasa dan menjadi petahana, ternyata terbukti berkaitan dengan kejadian itu. Nixon pun mundur pada 1974. (rsa)