Donald Trump 'Diusir' dari Hollywood Walk of Fame

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Rabu, 08/08/2018 07:45 WIB
Donald Trump 'Diusir' dari Hollywood Walk of Fame Dewan Kota meloloskan permintaan pencopotan bintang Hollywood Walk of Fame milik Donald Trump karena beragam kontroversi dari Presiden AS itu. (REUTERS/Carlos Barria)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dewan Kota West Hollywood secara bulat meloloskan sebuah keputusan pada Senin (6/8) malam waktu setempat tentang pencopotan bintang Hollywood Walk of Fame milik Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Keputusan tersebut berdasarkan permintaan dari Dewan Kota Los Angeles dan Hollywood Chamber of Commerce, seperti diberitakan CBS Los Angeles. Anggota Dewan Kota West Hollywood John Duran turut menyatakan hal tersebut melalui akun Twitternya.

Kedua lembaga itu mengajukan permohonan tersebut lantaran "beragam aksi Trump yang menyudutkan perempuan dan aksi lain yang tidak sesuai dengan nilai dari Kota West Hollywood, wilayah Los Angeles, California, dan Amerika Serikat."


Namun diberitakan ET, langkah selanjutnya dari pencopotan nama Trump dari jajaran Hollywood Walk of Fame tersebut belum jelas.



Trump diketahui menerima bintang penghargaan tersebut pada 2007 atas kontribusinya membuat kontes kecantikan Miss America dan sebelum membintangi acara televisi The Apprentice.

Namun sejak beragam kontroversi ucapan maupun kebijakan Trump memimpin Amerika Serikat, teror terhadap plat kehormatan tersebut bermunculan.

Beberapa kali, tanda bintang tersebut dirusak oleh sejumlah pihak dan dua kali dihancurkan secara total. Aksi penghancuran terakhir kali terjadi pada bulan lalu oleh seroang pria.

Austin Clay, si penghancur bintang Donald Trump tersebut dikenakan penalti berupa uang jaminan sebesar US$20 ribu atau sekitar Rp288 juta.

Riwayat vandalisme sebelumnya terjadi pada 2015, yaitu bintang tersebut sempat dicorat-coret berbentuk X besar berwarna kuning. Pada 2016, seseorang pernah mencungkil bintang Donald Trump tersebut hingga lepas.

Sedangkan jelang 100 hari menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, bintang tersebut dicoret lagi dan diberi hinaan 'F*ck Trump'.

Padahal, bintang tersebut adalah yang terbaru setelah sebelumnya lambang penghormatan untuk Donald Trump itu dirusak redam oleh palu godam pada Oktober 2016.

[Gambas:Instagram] (end)