Fenomena Ganti Nama, Ahmad Dhani sampai Keluarga Cendana

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Kamis, 09/08/2018 10:39 WIB
Fenomena Ganti Nama, Ahmad Dhani sampai Keluarga Cendana Ahmad Dhani belakangan mengganti nama dari Dhani Ahmad Prasetyo menjadi Ahmad Dhani Prasetyo. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ganti nama di kalangan pesohor mendadak menjadi nama belakangan ini. Terbaru, menantu Bambang Trihatmodjo yang mulanya bernama Varsha Strauss.

Setelah resmi menjadi bagian dari keluarga Cendana karena menikah dengan Panji Trihatmodjo pada Jumat (3/8) lalu, Varsha mengubah nama belakangnya menjadi Adhikumoro.

Yang dipilih oleh wanita berdarah Amerika Serikat-Austria itu merupakan nama tengah Panji.



Varsha bukan satu-satunya yang mengubah nama di Indonesia. Belakangan juga ada Ahmad Dhani dan Mulan Jameela, yang sampai mengikuti proses di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Mereka mengubah nama dari Dhani Ahmad Prasetyo menjadi Ahmad Dhani Prasetyo serta Raden Wulansari menjadi Mulan Jameela. Kedua nama yang memang lebih populer.

Usai hakim mengetok palu agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengubah penggantian nama itu, Dhani menerangkan bahwa pertimbangannya mengganti nama adalah adab dan niat menjadi calon legislatif untuk Pemilihan Legislatif 2019 lewat Partai Gerindra.


Sebelum itu, beberapa selebriti yang mengganti nama termasuk Titi Sjuman menjadi Titi Rajo Bintang dan Sophia Latjuba menjadi Sophia Muller. Soal nama panggung, lebih banyak lagi.

Bagaimana sebenarnya prosedur penggantian nama di Indonesia?

Jika ingin mengganti nama secara legal, langkah Dhani patut diikuti. Sebab menurut Pasal 52 UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, perubahan nama seharusnya memang melalui penetapan pengadilan negeri. Dari sana, nama didaftarkan ke Disdukcapil.


Mereka yang nanti bakal membuat catatan pinggir pada akta Pencatatan Sipil dan kutipan akta Pencatatan Sipil. Dengan demikian, nama baru pun terekam dalam data kependudukan.

Namun sebelum itu, mereka yang ingin mengganti nama harus melengkapi beberapa dokumen.

Beberapa dokumen yang harus ada adalah salinan penetapan pengadilan negeri tentang perubahan nama, kutipan akta Pencatatan Sipil, kutipan akta perkawinan bagi yang sudah menikah, fotokopi Kartu Keluarga, serta fotokopi Kartu Tanda Penduduk.


Namun jika ingin sekadar lebih dikenal lewat nama panggung atau ganti nama belakang karena menikah atau bercerai dan tak perlu tercatat di sistem, langkah itu tak perlu dilakukan. (rsa)