'Lois Lane' Era 1970-an Dipastikan Meninggal Bunuh Diri

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Jumat, 10/08/2018 13:35 WIB
'Lois Lane' Era 1970-an Dipastikan Meninggal Bunuh Diri Margot Kidder dipastikan meninggal bunuh diri. (REUTERS/Fred Prouser)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyebab kematian aktris gaek Margot Kidder telah dipastikan. Pemeran Lois Lane dalam film-film Superman era 1970-an itu meninggal karena bunuh diri.

Itu disampaikan oleh petugas koroner dari Montana, dan diberitakan oleh AFP.

"Keluarga Ms. Kidder mengimbau kepada mereka yang menderita sakit mental, kecanduan dan atau punya pikiran untuk bunuh diri agar segera mencari perawatan dan konseling yang benar," demikian disampaikan petugas koroner Montana, Jumat (10/8).



Kidder meninggal pada Mei lalu dalam usia 69 tahun. Saat itu, dikabarkan Kidder meninggal dalam tidur di rumahnya di Livingston, Montana. Baik agensi, keluarga maupun perwakilan rumah duka saat itu menyampaikan dengan jelas apa yang menjadi penyebab meninggalnya.

Sebulan setelah ia meninggal, desainer Kate Spade dan pakar kuliner Anthony Bourdain juga secara mengejutkan menjadi objek kabar duka. Keduanya juga meninggal bunuh diri.

Kidder terkenal karena terlibat di trilogi Superman yang dirilis pada 1978 sampai 1983, sebagai karakter jurnalis perempuan Lois Lane. Saat itu, rekannya Clark Kent yang juga Superman dimainkan oleh Christopher Reeve. Reeve lebih dulu meninggal, pada 2004.


Setelah trilogi Superman, Kidder masih muncul sebagai kameo dalam Superman IV: The Quest for Peace yang dirilis pada 1987. Kelamaan karier aktingnya semakin menurun, terutama setelah dirinya mengalami keterpurukan mental pada 1996.

Kidder kemudian didiagnosis menderita gangguan bipolar. Namun ia tak membiarkan masalah mental menggerogotinya. Mengutip AFP, ia justru menjadi aktivis masalah kesehatan mental.

Sayang, masalah itu rupanya masih 'menghantuinya' sampai akhir hayat.


Masalah kesehatan mental jangan dianggap enteng. Jika Anda pernah memikirkan atau merasakan tendensi bunuh diri, mengalami krisis emosional, atau mengenal orang-orang dalam kondisi itu, Anda disarankan menghubungi pihak yang bisa membantu, misalnya saja Komunitas Save Yourselves https://www.instagram.com/saveyourselves.id, Yayasan Sehat Mental Indonesia melalui akun Line @konseling.online, atau Tim Pijar Psikologi https://pijarpsikologi.org/konsulgratis (rsa)