Ratusan Penonton Festival Musik di Spanyol Terluka

AFP, CNN Indonesia | Senin, 13/08/2018 18:26 WIB
Ratusan Penonton Festival Musik di Spanyol Terluka Sebuah festival musik di Spanyol membuat ratusan orang terluka. (Ilustrasi/REUTERS/Mario Anzuoni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Festival musik di Spanyol memakan korban. Lebih dari 250 orang terluka, lima di antaranya serius. Itu karena platform panggung yang terbuat dari kayu roboh dan menimpa penonton.

Itu terjadi saat rapper Rels B yang berasal dari Mallorcan tampil.

Platform itu dibuat di tepi laut di Vigo, Spanyol. Panjangnya 30 meter dan lebarnya 10 meter. Penonton memenuhinya sampai sesak, dan akhirnya roboh tepat sebelum tengah malam, Minggu (12/8). Wali Kota Vigo, Abel Caballero langsung menuju lokasi kejadian.



Menurutnya, penyebab robohnya platform itu belum diketahui.

"Tapi semua mengindikasikan tidak ada yang terjebak di bawahnya," ujar Caballero.

Total secara pasti ada 266 orang yang terluka. Kebanyakan dari mereka mengalami patah tulang, lima di antaranya harus dirawat di rumah sakit. Seperti dilaporkan AFP, itu semua sudah ditangani Kementerian Kesehatan Jesus Vazquez Almuina.


"Pasien masih dievaluasi. Saat ini ada 266 pasien yang dirawat, kebanyakan karena cedera ringan seperti memar. Lima yang dirawat di rumah sakit, kebanyakan karena patah tulang dan cedera di kepala," ujar Almuina kepada radio lokal, yang kemudian dikutip AFP.

Saksi menyebut, orang-orang langsung berhamburan mencari lokasi aman sehingga tidak terjebak di bawah platform yang roboh itu. Beruntung tidak ada korban jiwa.

Festival musik di Spanyol itu bernama 'O Marisquino' dan berlangsung selama dua hari. Kurang lebih ada sekitar 300 ribu orang yang menjadi pengunjungnya selama dua hari itu. (rsa)