Kritis, Aretha Franklin Masih Bisa Bicara dan Tertawa

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Kamis, 16/08/2018 14:50 WIB
Kritis, Aretha Franklin Masih Bisa Bicara dan Tertawa Aretha Franklin dikelilingi keluarga dan kerabat di Detroit. (AFP PHOTO / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Dimitrios Kambouris)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aretha Franklin masih berjuang melawan kondisinya yang memburuk. Dikelilingi keluarga dan kerabat, ia kini sudah bisa berbicara dan tertawa, meski masih tergolek lemah.

"Dia sadar, tertawa-tawa, menggoda, bisa mengenali orang," kata keponakan Aretha, Tim Franklin kepada People. "Keluarga di sana bersamanya. Dia di rumah," ia melanjutkan.

Tim sendiri bertemu Aretha Jumat (10/8) lalu. Mereka berbincang cukup lama, 45 menit sampai satu jam. "Saudara saya ke sana Sabtu (11/8) dan dia [Aretha] terjaga, bicara, tertawa, bercanda," ujar Tim menjelaskan. Aretha juga asyik menikmati tayangan televisi.



Aretha melihat banyak tayangan yang menyebut soal kondisinya yang kritis, ia tak masalah.

Keluarga dan kerabat yang berada di sana terus menjaganya agar tetap semangat.

"Kami percaya dia bisa, dia percaya dia bisa melewatinya, dan itu penting," ujarnya.

Kabar kondisi Aretha yang kritis sudah mencuat di media sejak awal pekan ini. Media setempat mengabarkan berita duka itu, disertai harapan keluarga agar rekan, sahabat dan penggemar Aretha berdoa untuk sang Queen of Soul. Disebut-sebut, ia sudah sakit lama.

Mengutip People, Aretha diminta beristirahat oleh dokter sejak Maret lalu. Ia bahkan diminta membatalkan seluruh penampilannya. Setahun sebelumnya, Aretha bilang akan pensiun dari kegiatan bermusik, terutama konser dan tur. Namun, ia masih akan rekaman lagu.

"Ini akan menjadi tahun terakhir saya berkonser," ujar penyanyi 76 tahun itu.

Meski begitu, ia masih kembali ke panggung pasa Agustus 2017.

Sayangnya, Aretha hampir tak pernah mengungkap kondisi kesehatannya pada publik. Hanya April 2011, ia kedapatan dirawat di rumah sakit dan menjalani sebuah operasi. Namun saat itu ia mengungkapkan, "Saya merasa luar biasa, sungguh."

Dengan kondisi kesehatan yang sekarang, Aretha sudah dikunjungi beberapa kawan lamanya sesama artis. Musisi-musisi muda juga berdoa untuknya di panggung maupun media sosial. (rsa)