'Queen of Soul' Aretha Franklin Meninggal Dunia

Reuters, CNN Indonesia | Kamis, 16/08/2018 21:12 WIB
'Queen of Soul' Aretha Franklin Meninggal Dunia Penyanyi genre soul, Aretha Franklin, tutup usia. (AFP PHOTO / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Dimitrios Kambouris)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kabar duka menghampiri jagat musik dunia. Sang ratu musik soul, Aretha Franklin, dikabarkan meninggal pada usia 76 tahun setelah beberapa waktu berjuang melawan sakit kanker kelenjar getah bening (pankreas) diidapnya.

Sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (16/8), Aretha meninggal saat dalam perawatan di kediaman pribadinya di Detroit, Amerika Serikat. Sampai berita ini diturunkan, pihak keluarga mendiang belum ada yang bersedia memberikan keterangan resmi.

Kabar kondisi Aretha yang kritis sudah mencuat di media sejak awal pekan ini. Media setempat mengabarkan berita duka itu, disertai harapan keluarga agar rekan, sahabat dan penggemar Aretha berdoa untuk sang Queen of Soul. Disebut-sebut, ia sudah sakit lama.


Mengutip People, Aretha diminta beristirahat oleh dokter sejak Maret lalu. Ia bahkan diminta membatalkan seluruh penampilannya. Setahun sebelumnya, Aretha bilang akan pensiun dari kegiatan bermusik, terutama konser dan tur. Namun, ia masih akan rekaman lagu.

"Ini akan menjadi tahun terakhir saya berkonser," ujar penyanyi 76 tahun itu.
Meski begitu, ia masih kembali ke panggung pasa Agustus 2017.

Sayangnya, Aretha hampir tak pernah mengungkap kondisi kesehatannya pada publik. Hanya April 2011, ia kedapatan dirawat di rumah sakit dan menjalani sebuah operasi. Namun saat itu ia mengungkapkan, "Saya merasa luar biasa, sungguh."
(ayp/ayp)