FOTO: Puing Kenangan Peradaban Romawi dari Pergamon

Anadolu Agency/Mahmut Serdar Alakuş, CNN Indonesia | Minggu, 19/08/2018 06:06 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Pergamon merupakan sebuah kota lama di Turki yang dahulu sempat menjadi pusat budaya, ilmu pengetahuan, dan politik. Berikut sejumlah sudut indah kota kuno ini.

Terlepas dari konflik Turki dan Amerika yang belakangan memanas, ada sebuah sudut di negara itu yang menanti untuk dieksplorasi. (Anadolu Agency/Mahmut Serdar Alakuş)
Pergamon, yang hingga kini masih menyisakan peradaban dari zaman kuno. (Anadolu Agency/Mahmut Serdar Alakuş)
Terletak di Provisi Izmir, Turki, kota itu sempat memegang peranan penting pada masa Hellenistic. Konon ia merupakan pusat dari Kerajaan Attalid. (Anadolu Agency/Mahmut Serdar Alakuş)
Pergamon bahkan menjadi ibu kota pertama di Provinsi Asian, pada zaman Romawi. (Anadolu Agency/Mahmut Serdar Alakuş)
Meski saat itu Pergamon harus merelakan ketenarannya pada Ephesus, kini ia masih berjaya, terutama setelah UNESCO menyebutnya sebagai warisan budaya dari Turki. (Anadolu Agency/Mahmut Serdar Alakuş)
Tak lagi berpenghuni, kota kuno itu masih menyisakan puing peradaban yang terbilang luar biasa. Masih ada kuil, teater, gimnasium, altar bahkan bangunan perpustakaan yang dilingkupi oleh dinding tinggi. (Anadolu Agency/Mahmut Serdar Alakuş)
Lokasi Pergamon pun terbilang indah. Posisinya 335 meter di permukaan laut. Ia seakan didesain menjadi kota yang terpencil sekaligus aman, namun juga kaya. (Anadolu Agency/Mahmut Serdar Alakuş)
Sejak dahulu, lokasi yang ada di pertengahan Eropa dan Timur Tengah itu telah menjadi pusat budaya, ilmu pengetahun dan bahkan politik. Setelah diserahkan pada kekaisaran Romawi, peran Pergamon lebih penting lagi. Semua yang sudah ada dimutakhirkan. (Anadolu Agency/Mahmut Serdar Alakuş)
Itulah yang dipertahankan kota kuno yang dibangun pada abad ke-3 SM itu hingga kini. Itu pula yang menjadi atraksi bagi para turis. (Anadolu Agency/Mahmut Serdar Alakuş)