FOTO: Keceriaan Bermain Permainan Tradisional Indonesia

CNN Indonesia, Antara FOTO, CNN Indonesia | Minggu, 19/08/2018 16:07 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Bermain permainan tradisional bagi kebanyak masyarakat Indonesia adalah tentang kebersamaan, dan keceriaan selama menjalankannya.

Indonesia memiliki ribuan permainan tradisional, sebagian dikenal publik dari generasi ke generasi, sebagian lainnya berkembang seiring zaman. Bahkan sebagian lainnya mulai dilupakan. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)
Sejumlah acara kerap diadakan untuk mengingatkan kembali masyarakat akan permainan tradisional, seperti pada acara Gelar Budaya Dolanan Anak Tempo Dulu di Jalan Gatot Subroto, Solo, Jawa Tengah, 1 Juli lalu, ini. (ANTARA FOTO/Maulana Surya)
Indonesia disebut memiliki ribuan permainan tradisional yang menyebar di segala daerah, namun beberapa dikenal secara luas, salah satunya congklak. (ANTARA FOTO/Maulana Surya)
Bagi beberapa permainan yang jarang dikenal luas, seperti tari bambu di gambar ini, dimunculkan dalam acara tertentu. Walau jarang dikenal luas, anak-anak tetap ceria memainkannya. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
Salah satu permainan populer di banyak daerah di Indonesia, gasing, selalu menjadi tantangan sendiri bagi anak laki-laki untuk memainkannya. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)
Permainan tradisional Indonesia diketahui memiliki makna membangun rasa gotong royong, salah satunya pada panjat pinang. (ANTARA FOTO/Rahmad)
Bukan cuma panjat pinang, rasa gotong royong juga dipupuk kala memainkan bakiak seperti yang dilakukan peserta lomba Perayaan Kemerdekaan RI ke-73 di Karet Tengsin, Jakarta, 17 Agustus 2018. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Tak semua permainan tradisional yang dikenal publik kini adalah warisan masa lalu. Beberapa dari permainan itu adalah hasil perkembangan zaman, seperti lomba menggunakan sedotan atau pipet ini. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Permainan tarik tambang juga merupakan hasil perkembangan permainan tradisional. Permainan ini bahkan dikenal di dunia dengan tug of war. Konon, permainan ini telah dimainkan sejak era Mesir Kuno. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Permainan tradisional yang juga dikenal seiring dengan perkembangan zaman adalah adu kelereng. Permainan ini sempat menjadi tren di dekade '80 dan '90-an. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)
Terlepas dari macam permainannya, siapa pun merasakan gembira kala memainkan permainan tradisional. (ANTARA FOTO/Maulana Surya)