Via Vallen Minta Maaf 'Lip Sync' di Pembukaan Asian Games

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Senin, 20/08/2018 12:30 WIB
Via Vallen Minta Maaf 'Lip Sync' di Pembukaan Asian Games Via Vallen menjawab kritikan penggemar yang menyebutnya lip sync saat membawakan lagu tema saat pembukaan Asian Games 2018, akhir pekan lalu. (CNN Indonesia/Damar Sinuko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyanyi Via Vallen minta maaf karena lip sync ketika membawakan lagu Meraih Bintang di upacara Pembukaan Asian Games 2018 pada Sabtu (18/9).

Pernyataan itu ia sampaikan dengan membalas komentar Instagram warganet dengan akun @rebeccachika yang mengkritik penampilannya di panggung yang ditonton publik se-Asia tersebut. Via juga menjabarkan kronologi alasan harus lip sync.

"Mohon maaf yang sebesarnya jika mba kecewa karena saya lip sync. Sebenarnya saya pribadi juga kecewa waktu dikasih tahu harus lip sync. Karena saya pribadi memang enggak pernah percaya diri jika harus bernyanyi lip sync," tulis Via.


Via menjelaskan saat geladi resik Pembukaan Asian Games 2018, ia selalu berusaha meminta kepada panitia untuk dirinya dapat menyanyikan lagu Meraih Bintang secara langsung.

[Gambas:Instagram]


Namun Via mengatakan pihak panitia melarang dirinya dengan alasan yang sangat masuk akal, yaitu pertunjukan Pembukaan Asian Games 2018 mempertaruhkan nama negara.

"Jika ada kesalahan teknis sedikit saja, yang malu bukan hanya saya tapi negara kan? Mereka bilang secara teknis sangat tidak memungkinkan untuk pengisi acara tampil live," kata Via.
Percakapan Via Vallen dengan netizen yang mengkritiknya soal penampilan lip sync di Pembukaan Asian Games 2018.Percakapan Via Vallen dengan netizen yang mengkritiknya soal penampilan lip sync di Pembukaan Asian Games 2018. (Screenshot via instagram (@viavallen))

"Jadi menurut saya, ketidakpercayadirian saya harus bernyanyi lip sync tidaklah penting dibanding menjaga segala kemungkinan terburuk agar tidak ada kesalahan teknis sedikit pun demi kesuksesan acara."

Musisi 26 tahun itu bersyukur Pembukaan Asian Games 2018 mendapat apresiasi dari dalam mau pun luar negeri. Menurutnya banyak orang yang takjub melihat acara tersebut yang dikerjakan oleh putra-putri bangsa.


CNNIndonesia.com sudah menghubungi Ascada Musik selaku label Via Vallen. Namun belum mendapat respons sampai berita ini diturunkan.

Di sisi lain, Addie MS selaku salah satu music director Pembukaan Asian Games 2018 mengaku kepada CNNIndonesia.com dirinya tidak mengetahui terkait keputusan lip sync seperti yang diklaim oleh Via Vallen.

"Untuk penyanyi di luar orkestra, di luar wilayah saya. Soal Via Vallen, banyak yang nanya ke saya, dari waktu rekaman keluar hingga saat ini. Saya tidak terlibat dan tidak ikutan [mengurus pertunjukan Via Vallen]," kata Addie.

CNNIndonesia.com saat ini masih berusaha menghubungi music director Pembukaan Asian Games 2018 lainnya, Ronald Steven.

[Gambas:Youtube]

Lagu Meraih Bintang dibuat oleh Parlin Burman Siburian alias Pay sebagai lagu tema Asian Games 2018.

Lagu itu bernapaskan semangat meraih kemenangan dengan cara sportif di mana seorang atlet harus berusaha semaksimal mungkin untuk meraih prestasi terbaik.

Musik Meraih Bintang disebut perpaduan antara dangdut dengan pop modern. Suara Via Vallen juga akan beriringan dengan ketukan-ketukan yang membakar semangat. (end)