Komikus 'Chibi Maruko-chan' Meninggal Dunia karena Kanker

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Selasa, 28/08/2018 14:50 WIB
Komikus 'Chibi Maruko-chan' Meninggal Dunia karena Kanker Penggagas Chibi Maruko-chan meninggal dunia. (Courtesy of nipponanimation.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komikus Jepang yang menggagas karakter Chibi Maruko-chan meninggal dunia dalam usia 53 tahun. Kabar duka itu disampaikan perusahaan yang menaunginya pada Senin (27/8).

Momoko Sakura, sang komikus, meninggal pada 15 Agustus lalu karena kanker payudara.

Menurut perusahaan Sakura Productions, upacara pemakaman untuknya bahkan sudah digelar, dan hanya boleh dihadiri teman-teman serta keluarga dekat. Dalam pernyataan resmi Sakura Productions itu, ditampilkan pula gambar Chibi Maruko dan teman-temannya.



Momoko Sakura mengawali karier sebagai seniman manga-sebutan bagi komik Jepang-pada 1984.

Seri Chibi Maruko-chan sendiri baru dimulai Agustus 1986, artinya bulan ini usianya sudah genap 32 tahun. Komik Chibi Maruko menjadi bagian dalam majalah manga Ribbon.

Butuh waktu sekitar empat tahun bagi Chibi Maruko untuk menjadi terkenal. Kartun itu baru populer pada 1990, saat akhirnya ia diangkat menjadi seri anime dan tayang di televisi.


Serialnya pun langsung sukses, bahkan hingga saat ini, termasuk di Indonesia. Chibi Maruko-chan juga tayang di China, Taiwan, Hong Kong, dan Vietnam. Semua sukses.

Tak hanya melambungkan karakter Chibi Maruko dan Momoko Sakura, lagu yang menjadi latarnya, Odoru Ponpokorin juga jadi terkenal. Pada 1990, ia terjual 1,73 juta kopi.

Selain menggambar, Momoko Sakura sang 'ibu' Chibi Maruko juga gemar menulis. Ia rutin memperbarui blog-nya. Namun unggahan terakhir di sana, mengutip Japan Times, adalah 2 Juli lalu, saat ia mengomentari timnas sepakbola Jepang di Piala Dunia 2018 di Rusia.


Meninggalnya Momoko Sakura membuat dunia manga Jepang bersedih. Pemimpin Redaksi Ribbon, Soichi Aida pun menyampaikan belasungkawanya melalui sebuah unggahan di situs majalah itu. Menurutnya, kepergian sang komikus terlalu cepat dan ia akan selalu dikenang.

"Senyum cerah dari Maru-chan dan teman-temannya akan terus bersinar dalam pikiran para pembaca, mulai anak-anak sampai dewasa. Terima kasih banyak untuk Momoko Sakura," tulisnya. (rsa)