Taylor Swift Kenang Aretha Franklin dalam Konser di Detroit

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Rabu, 29/08/2018 17:33 WIB
Taylor Swift Kenang Aretha Franklin dalam Konser di Detroit Taylor Swift mengenang Aretha Franklin di tengah konsernya di Detroit. (Kevin Winter/Getty Images for DIRECTV/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak hanya para penggemar yang memberi penghormatan terakhir untuk Aretha Franklin. Penyanyi Taylor Swift pun secara spesial menampilkan persembahan untuk sang Queen of Soul di tengah konser 'Reputation Stadium Tour' di Detroit, Selasa (28/8).

Kebetulan Detroit juga menjadi kampung halaman bagi Franklin. Di hari yang sama, jenazah Franklin disemayamkan sementara di sebuah museum, dikelilingi bunga mawah merah muda, agar para penggemarnya bisa memberikan penghormatan terakhir bagi sang pelantun Respect.

Konser Swift yang diselipi persembahan spesial untuk Franklin dilakukan hanya beberapa hari menjelang pemakaman sang legenda yang rencananya digelar pada Jumat (31/8) mendatang.



"Pekan lalu, kita kehilangan kekuatan yang tidak tergantikan. Aretha Franklin melakukan banyak hal untuk musik, hak-hak perempuan, juga hak-hak sipil," kata penyanyi berusia 28 tahun itu di hadapan puluhan ribu penonton konsernya, mengenang Franklin.

Ia melanjutkan, "Kata-kata tak akan pernah cukup menggambarkan berapa banyak yang telah dia lakukan semasa hidupnya, hingga membuat dunia jadi tempat lebih baik. Dan ini adalah rumahnya." Menurut People, Swift kemudian mengajak para penonton untuk hening sejenak.

Momen 'mengheningkan cipta' itu ditutup dengan ucapan Swift, "Kami mencintaimu Aretha."


Franklin meninggal dunia di usia 76 tahun usai berjuang melawan kanker pankreas, pada 16 Agustus lalu. Jenazahnya akan dimakamkan pada Jumat (31/8) mendatang secara tertutup.

(rsa)