AMI Awards 2018 Tambah Satu Kategori Baru

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Kamis, 30/08/2018 18:09 WIB
AMI Awards 2018 Tambah Satu Kategori Baru Dwiki Dharmawan selaku Ketua YAMI mengumumkan kategori baru untuk AMI Awards 2018. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) 2018 bakal digelar September mendatang. Dalam gelaran kali ini, Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI) selaku penyelenggara ajang tahunan itu mengumumkan bahwa akan ada satu kategori baru.

"Yang baru untuk tahun ini, ada satu kategori tambahan yakni Karya Produksi Aransemen Terbaik, jadi lagunya lagu lama tapi dengan aransemen terbaru," ungkap Dian HP, salah satu juri di AMI Awards dalam jumpa pers yang disiarkan melalui akun Instagram, Kamis (30/8).

Sementara, Ketua YAMI Dwiki Dharmawan yang turut hadir dalam acara itu mengumumkan tema yang diusung AMI Awards ke-21 ini adalah #SatuMusikIndonesia. Tema ini menjadi seruan bagi kondisi Indonesia saat ini. Maknanya, sudah bukan saatnya lagi terbelah oleh perbedaan.



Perbedaaan harus dimaknai agar semua bekerja sama demi kemajuan musik Indonesia.

"Dari dunia musik, masyarakat bisa belajar bagaimana tetap menyatukan energi positif ditengah perbedaan yang ada. Semoga musik bisa selalu menyatukan Indonesia, sama seperti Asian Games yang sedang berlangsung," ucap Dwiki dalam kesempatan yang sama.

Sejak periode pendaftaraan AMI 2018 dibuka pada 1 Juli 2017 hingga 30 Juni 2018 lalu, terkumpul total 1.917 karya yang terdaftar. Jumlah itu menunjukkan peningkatan signifikan dibanding tahun lalu, yang hanya menerima 1.071 karya terdaftar.


Seluruh data yang masuk akan dikumpulkan, sementara panitia mengadakan Sidang Kategorisasi dan mulai memprosesnya. Dwiki menjelaskan, sidang itu adalah kegiatan menempatkan semua lagu ke dalam kategorinya, sesuai genre musik masing-masing.

Setelah sidang itu selesai, hasilnya akan diedarkan kepada seluruh Anggota Reguler dan Anggota Swara untuk dikurasi secara kompeten demi menentukan calon nomine.

Anggota Reguler memiliki hak untuk menentukan calon nomine. Sedangkan Anggota Swara terdiri atas para pelaku industri musik seperti komposer, produser, penata musik, dan lain-lain yang diseleksi secara ketat. Selain dapat menentukan calon nomine, Anggota Swara juga mempunyai hak untuk menentukan calon penerima penghargaan AMI.


"Data hasil penerima penghargaan AMI disahkan oleh Public Auditor dan akan diumumkan secara langsung pada saat Malam Puncak AMI Awards," tambah Dwiki.

Malam puncak penganugerahan AMI Awards akan diselenggarakan pada 26 September di Ecovention Ancol Jakarta. (rsa)