Drama tentang Korea Utara Bakal Buka Busan Film Festival

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Selasa, 04/09/2018 14:17 WIB
Drama tentang Korea Utara Bakal Buka Busan Film Festival Ilustrasi kehidupan di Korea Utara. (AFP PHOTO / Kim Won-Jin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film Beautiful Days karya sutradara Korea Selatan Jero Yun diumumkan sebagai pembuka Busan International Film Festival, festival film terbesar yang ada di Negara Gingseng.

Beautiful Days mengisahkan seorang wanita yang meninggalkan suami dan anaknya untuk pergi ke Korea Utara demi masa depan yang lebih baik.

Film itu dibintangi oleh aktris Korea Selatan, Lee Na Young.



"Film 'Beautiful Days' melihat perpecahan dan pemulihan sebuah keluarga, dan juga topiknya dinilai tepat untuk saat ini," kata Jay Jeon, direktur festival tersebut, dikutip dari Variety.

Bukan kali ini saja film tentang Korea Utara diputar dalam festival film Korea Selatan. Sebelumnya pada Juli lalu, festival film Buncheon International Fantastic Films menayangkan beberapa film asal Korea Utara.

Beberapa film tersebut adalah film drama The Story of Our Home yang hit di negara komunis itu pada 2016 dan mengisahkan tiga bersaudara yatim-piatu yang berusaha tetap bersama.

Lalu Comrade Kim Goes Flying, sebuah film komedi-romantis rilisan 2012 tentang perjuangan wanita buruh tambang yang ingin menjadi seorang akrobat.

Comrade Kim Goes Flying merupakan gabungan produksi antara Inggris, Belgia, dan Korea Utara. Film ini pernah ditayangkan di Toronto International Film Festival dan Busan International Film Festival.


Pada gelaran ke-23 kali ini, Busan Film Festival telah memilih 323 film dari 79 negara, 115 film di antaranya merupakan penayangan perdana secara dunia dan 15 secara internasional.

Film Halloween (2018) dijadwalkan menjadi pengisi untuk sesi tengah malam. Film ini merupakan seri ke-11 dari waralaba Halloween dan merupakan kelanjutan dari film aslinya yang rilisan 1978.

Produser Halloween (2018), Jason Blum, dijadwalkan akan ikut hadir dalam penayangan tersebut.

Busan Internasional Film Festival dijadwalkan akan diadakan pada 4-13 Oktober 2018, sedangkan the Asian Film Market akan berlangsung pada 6-9 Oktober 2018. (end)