FOTO: Kala Mural Menyelamatkan Kota di Spanyol

AFP, CNN Indonesia | Jumat, 07/09/2018 08:33 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kawasan pemukiman Canido di Galicia, Spanyol, nyaris mati karena ditinggal penduduknya. Namun mural seorang seniman berhasil menghidupkan kembali daerah itu.

Pada 2008, seorang seniman bernama Eduardo Hermida frustasi melihat kawasan tempat tinggalnya di Canido nyaris mati karena ditinggal penduduknya. Ia meluapkan perasaannya itu melalui sebuah lukisan mural di dinding rumah tak bertuan. (AFP PHOTO / MIGUEL RIOPA)
Muralnya yang indah ternyata menarik minat seniman lainnya tanpa ia ketahui. Perlahan, satu per satu seniman dari berbagai daerah ikut menambah deretan mural di kawasan tersebut. (AFP PHOTO / MIGUEL RIOPA)
Lambat laut, aksi para seniman menarik pengunjung dan orang berdatangan kembali ke Canido. Kawasan itupun kembali ramai oleh manusia. (AFP PHOTO / MIGUEL RIOPA)
Untuk merapikan karya para seniman yang terus muncul, diadakan sebuah festival menggambar mural di dinding bangunan kawasan tersebut setiap tahunnya dan diberi nama Festival Art Meninas de Canido. (AFP PHOTO / MIGUEL RIOPA)
Para seniman dapat menggambar di dinding bangunan yang sudah ditandai oleh pihak penyelenggara dan berhak menuangkan ide apapun pada dinding itu. (AFP PHOTO / MIGUEL RIOPA)
Festival mural itu bukan hanya sekadar ekspresi seni, namun juga sebagai penghias kota dan mampu jadi 'penyambung nyawa' kawasan tersebut. (AFP PHOTO / MIGUEL RIOPA)
Festival mural Meninas in Canido ini diadakan setiap akhir pekan pertama pada September. (AFP PHOTO / MIGUEL RIOPA)
Tercatat, setidaknya sudah ada 240 jenis mural yang terpatri di bangunan kawasan ini dan terinspirasi dari banyak mahakarya maestro dunia. (AFP PHOTO / MIGUEL RIOPA)
Bukan cuma dari beragam karya maestro dunia,sejumlah mural juga menunjukkan ekspresi atau fenomena di era kontemporer. (AFP PHOTO / MIGUEL RIOPA)
Bahkan, seniman mural legendaris Bansky disebut sempat memberikan kontribusi dalam dinding di kawasan ini. Namun Bansky membantah bahwa karya penjaga berciuman seperti di gambar ini adalah miliknya. (AFP PHOTO / MIGUEL RIOPA)