'Gelombang' Keceriaan AKB48 di Jak-Japan Matsuri 2018

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Minggu, 09/09/2018 15:46 WIB
'Gelombang' Keceriaan AKB48 di Jak-Japan Matsuri 2018 JakJapanMatsuri 2018 (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perayaan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang kembali digelar meriah dalam Jak-Japan Matsuri 2018, Sabtu (8/9) di Plaza Tenggara GBK, Senayan, Jakarta Selatan.

Yang istimewa di tahun ini, JakJapanMatsuri ini menghadirkan acara festival musik. Ini adalah tahun pertama masuknya festival musik dalam rangkaian acara Jak-Japan Matsuri.

Tak tanggung-tanggung, panitia juga mengundang girlband populer Jepang AKB48. Selain AKB48, penyanyi Jepang Sukima Swicth, penyanyi Indonesia seperti RAN dan Andien juga meramaikan acara ini.



"Indonesia mantap! Apa kabar semuanya?" ujar Takuya Ohashi, vokalis Sukima Switch, yang disambut dengan tepuk tangan meriah penonton.

Tak hanya Takuya, para member AKB48 juga mencoba mengucapkan berbagai kalimat dalam bahasa Indonesia meski kadang tak terucap dengan jelas. 

"Walau waktu tampil kami sedikit, tapi kita tetap semangat. Kalian juga ya," ujar Rena Nozawa, salah satu member AKB48 yang pernah ditransfer menjadi anggota JKT48.

AKB48Foto: CNN Indonesia/Diana
AKB48

RAN dan Andien juga tak ingin ketinggalan unjuk gigi. Kedua penyanyi yang hendak melebarkan sayapnya di negeri matahari terbit ini juga sukses membuat penonton bersenandung dan bergoyang dengan suara merdu dan alunan musik yang menggoda telinga.

Dalam kesempatan ini, Andien mengungkapkan single bertajuk Indahnya Dunia akan dibuat dalam bahasa Jepang.

Tak hanya menghibur, acara ini mampu hadirkan edukasi sosial bagi para pengunjung.


Lewat program "Gomizero" alias nol sampah, acara yang diselenggarakan tiap tahun oleh pemerintah Jepang ini hendak tingkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya bertanggungjawab akan sampah masing-masing. Kebiasaan "sehabis acara, terbitlah sampah" memang kerap terlihat pascaberlangsungnya berbagai acara di Indonesia.

Kebiasaan ini pun hendak dilawan para pejuang Gomizero dengan penyediaan tempat sampah yang ada di berbagai sudut venue serta para petugas Gomizero yang sigap memungut berbagai sampah tak bertuan.

Upaya pejuang gomizero ini pun membuahkan hasil.

"Ya lumayan sih, saya tadi sempet buang sampah sembarangan terus langsung dipungut sama mas-masnya, jadi agak malu, terus pas saya makan lagi yaudah saya buang sendiri aja," ujar Demas, pengunjung JakJapan Matsuri 2018.

Kepedulian juga tercermin salah satu stand makanan yang menjual menu fish stick. Mereka mendonasikan semua penghasilannya untuk korban gempa Lombok.

JakJapanMatsuriFoto: CNN Indonesia/Hesti Rika
JakJapanMatsuri


Paket Komplit

Tak dapat dimungkiri, festival yang telah digelar sejak 2009 silam ini mampu menjadi sebuah paket komplit para pecinta budaya Jepang di Indonesia. Mulai dari kuliner, musik, merchandise, informasi wisata, hingga permainan-permainan unik dapat dinikmati dengan hanya membayar harga tiket masuk Rp40 ribu.

Bagi para pemburu kuliner khas Jepang, festival ini layak untuk dijajal. Berbagai menu makanan seperti okonomiyaki, sushi, takoyaki, ramen, dan masih banyak lagi tersedia dengan harga yang terjangkau yakni sekitar Rp15 ribu hingga Rp35 ribu saja. Tak perlu meragu soal rasa, beberapa makanan dibuat dan dijual langsung oleh orang Jepang asli sehingga pengunjung mampu mencicipi rasa otentik dari menu tersebut.

Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika

Sayangnya, berjalan di area penjual makanan, minuman, merchandise, dan sebagainya ini membutuhkan usaha yang lebih. Jalan tempat para pengunjung berjalan terlalu sempit karena terbagi tiga alur antara pengunjung yang berjalan keluar, masuk, serta pengunjung lain yang sedang menunggu makanan di depan stand.

Beberapa hal lainnya yang dapat dijadikan alternatif kegiatan di sini adalah permainan tembak sasaran, belajar menulis huruf kaligrafi, thrift shopping baju-baju merek Jepang, dan masih banyak lagi. (dna/chs)