Koleksi Mode Ikonis Aretha Franklin Bakal Dilelang

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Senin, 10/09/2018 20:42 WIB
Koleksi Mode Ikonis Aretha Franklin Bakal Dilelang Sejumlah koleksi ikonis mode penyanyi mendiang Aretha Franklin disebut bakal dilelang pada tahun ini. (AFP PHOTO / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Noam Galai)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah koleksi ikonis mode penyanyi mendiang Aretha Franklin disebut bakal dilelang pada tahun ini.

Balai lelang Julien Auctions mengatakan bakal melelang lebih dari 30 dres dan aksesori dari musisi legendaris tersebut pada 10 November dalam sebuah acara di Hard Rock Cafe di New York.

Pembukaan lelang pun disebut telah mulai dibuka secara daring untuk umum.



"Julien's Auction merasa terhormat menghadirkan pelelangan ini untuk merayakan bakat luar biasa, kekuatan, dan anugerah pada penyanyi Amerika Serikat terbesar sepanjang masa, Aretha Franklin," kata Martin Nolan, direktur eksekutif Julien's Auction dalam pernyataannya, seperti dikutip dari AceShowbiz.

"Baik di atau maupun luar panggung, Franklin juga merupakan legenda mode yang hebat dan koleksi pertunjukannya menunjukkan alasan dirinya bukan hanya Queen of Soul namun juga Queen of Style," lanjutnya.

Sejumlah barang yang bakal dilelang tersebut termasuk pakaian merah berpayet yang sempat dipakai saat tampil pada 1991 di Radio City Music Hall, New York.

Selain itu ada jaket St John dari upacara National Medal of Arts yang juga dihadiri oleh presiden AS kala itu, Bill Clinton, di Washington DC pada 1999.


Koleksi sebuah dress hijau muda yang Franklin kenakan ketika menjadi bintang tamu ulang tahun Oprah Winfrey ke-40 juga ikut dilelang.

AceShowbiz menyebut koleksi Aretha Franklin tersebut diperkirakan laku terjual antara US$800-US$4 ribu atau sekitar Rp11,8 juta sampai Rp59,4 juta.

Aretha dikenal karena gaya modenya yang ia tetap pertahankan hingga akhir hayatnya. Penyanyi ini dikenal mengalami empat kali perubahan gaya selama hidupnya.

Aretha Franklin meninggal setelah lama berjuang melawan penyakit kanker pada 16 Agustus lalu di usia 76 tahun. Ia dimakamkan di Detroit, pada 31 Agustus lalu. (end)