Diduga Gelapkan Pajak, Aktris X-Men 'Lenyap Ditelan Bumi'

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Kamis, 13/09/2018 13:06 WIB
Diduga Gelapkan Pajak, Aktris X-Men 'Lenyap Ditelan Bumi' Fan Bingbing, pemeran Blink dalam 'X-Men: Days of Future Past' (2014) ini tak terlihat selama satu bulan terakhir usai disebut telah menggelapkan pajak. (REUTERS/Stephane Mahe)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keberadaan aktris Fan Bingbing tidak diketahui rimbanya setelah terlibat kasus penggelapan pajak. Aktor yang berperan sebagai Blink dalam film X-Men: Days of Future Past (2014) ini tak terlihat selama satu bulan terakhir.

NME melaporkan, amat diduga Fan telah ditahan oleh pihak berwajib di China karena dugaan kasus penggelapan pajak. Dugaan penggelapan pajak tercium saat Fan melakukan pembayaran yang tidak sah pada Mei lalu.

Bukti penggalapan pajak Fan terlihat pada foto yang diunggah oleh pembawa acara televisi bernama Cui Yongyuan. Foto itu memuat kontrak pembayaran yang dinilai tidak sah.



Aktris berusia 36 tahun ini diduga menggunakan kontrak ganda yang disebut sebagai kontrak 'yin dan yang'. Satu kontrak memuat pendapatan yang sebenarnya, dan yang lain digunakan untuk menghindari pajak.

Belum diketahui secara pasti kontrak tersebut berkaitan dengan apa. Namun studio miliknya yang bernama Fan Bingbing Studio membantah telah melakukan kontrak ganda.

Berdasarkan situs IMDb, Fan Bingbing tengah terlibat dalam film thriller laga bertajuk 355. Ia beradu akting dengan Penelope Cruz, Jessica Chastain dan Lupita Nyong'o.


Di sisi lain, Fan sempat masuk dalam laporan Beijing Normal University tentang penilaian tanggung jawab sosial aktor-aktor China. Ia mendapat nilai nol, sementara aktor senior Jackie Chan dan Zhang Ziyi mendapat nilai tertinggi.

Diberitakan NME, Fan sendiri merupakan salah satu aktor China dengan bayaran tertinggi. Tahun lalu ia memuncaki daftar aktor China dengan bayaran tertinggi versi Forbes dengan bayaran 33,5 juta poundsterling atau setara dengan Rp648,8 miliar.

Juni lalu kantor berita negara China, Xinhua, menginformasi bahwa pemerintah tengah mengambil langkah baru untuk mengatasi penggelapan pajak. Termasuk mengambil langkah penerimaan pajak yang lebih besar dari industri hiburan. (end)