Kebakaran Ancam Enam Museum Nasional di Brasil

AFP, CNN Indonesia | Jumat, 14/09/2018 14:20 WIB
Kebakaran Ancam Enam Museum Nasional di Brasil Museum Nasional di Rio de Janeiro yang terbakar pekan kemarin. (REUTERS/Ricardo Moraes)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Brasil meminta adanya perubahan untuk standar proteksi kebakaran di enam museum nasional, selambat-lambatnya dalam 30 hari ke depan.

Keputusan ini diambil setelah beberapa waktu lalu terjadi kebakaran besar di Museum Nasional di Rio de Janeiro.

Pada tanggal 2 September 2018, kobaran api melahap habis tiga lantai Museum Nasional yang berisi sekitar 20 juta koleksi.


Museum ini adalah yang tertua di Brasil. Sampai saat ini, penyebab kebakaran masih diselidiki.

Dana pemeliharaan untuk institusi sejarah yang terhubung dengan Universitas Nasional Rio de Janeiro tersebut dilaporkan dipotong, memaksa mereka menutup sejumlah ruangan untuk publik.

Hakim Federal Geraldine Pinto Vital telah memerintahkan sejumlah langkah yang harus diambil oleh Museum Negara, Museum Villa-Lobos, Museum De la Chacara do Ceu, Museum Seni Nasional dan Museum Sejarah Nasional.

Kantor Jaksa Penuntut Umum pun meminta keenam museum tersebut tutup sementara karena ketiadaan otorisasi pengoperasian pemadaman kebakaran.

Dilansir dari Reuters, kebakaran Museum Nasional Rio de Jainero terjadi saat museum tutup.

Dalam laporannya juga tidak tertulis adanya korban meninggal serta cedera akibat dari insiden tersebut.

Museum Nasional Rio menyimpan lebih dari 20 juta barang peninggalan sejarah.

Salah satunya terdapat sisa fosil "Luzia" yang berusia 12.000 tahun, fosil manusia tertua yang ditemukan di Brasil.

Selain itu, terdapat juga artefak yang tidak ternilai lainnya, seperti meteroit seberat 5,5 ton yang ditemukan di Brasil pada 1784.

(rea/ard)