Fakta 'Tersembunyi' Emmy Awards 2018

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 18/09/2018 06:45 WIB
Fakta 'Tersembunyi' Emmy Awards 2018 Piala Emmy Awards. (REUTERS/Mario Anzuoni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama-nama lama masih mendominasi gelaran Emmy Awards 2018, seperti 'Game of Thrones', 'Saturday Night Live', sampai 'The Handmaid's Tale'.

Untuk acara sebesar Emmy, dibutuhkan persiapan sangat detail yang harus dimatangkan jauh-jauh hari.


Selama beberapa jam, mata dunia akan mengarah ke Microsoft Theater, Los Angeles, pada Senin (17/9) pukul 7 malam (atau Selasa (18/9) pukul 7 pagi waktu Indonesia). Artinya, tidak boleh ada kesalahan.


Berikut adalah fakta-fakta yang sering terlewatkan atau tak diketahui banyak orang tentang Emmy Awards 2018:

Pesta hari Senin

Perhelatan di hari Senin diketahui tidak sesuai tradisi, karena pesta-pesta Hollywood biasanya diadakan pada hari Minggu.

NBC selaku pemegang hak siar langsung Emmy Awards memutuskan memindahkan acara itu ke hari Senin karena menghindari bentrokan jadwal dengan National Football League.

Terakhir kali Emmy diselenggarakan pada hari Senin adalah di tahun 2014.

Para pengamat industri menyatakan ketidakkonsistenan seperti ini bisa berakibat tidak baik terhadap rating, karena pada akhirnya penggemar lebih memilih mengikuti berita di jejaring sosial daripada menonton langsung.


Saturday Night Live

Program orisinil NBC, 'Saturday Night Live', memecahkan rekor sendiri.

'Saturday Night Live' adalah satu-satunya program yang mendapat 21 nominasi tahun ini, menggenapkan keseluruhan nominasi jadi 252 kali sejak pertama kali tayang.

Emmy Pertama

Emmy Awards 2018 menjadi kali pertama bagi beberapa nama yang sebenarnya sudah lama malang-melintang di industri hiburan, seperti penyanyi Ricky Martin dan Sara Bareilles, aktris Penelope Cruz, dan aktor Matt Smith.

Penghargaan awal

Seminggu sebelum perhelatan, penyelenggara Emmy terlebih dahulu menyerahkan ratusan penghargaan untuk kategori-kategori yang "kurang populer".

Acara tersebut bernama Creative Arts Emmys, kebanyakan ditujukan untuk para pekerja belakang layar, baik secara tehnik maupun artistik.

EGOT

Serial musikal 'Jesus Christ Superstar Live in Concert' menyapu bersih lima penghargaan, termasuk satu untuk Outstanding Variety Special (Live).

Penghargaan itu membuat penyanyi John Legend serta raksasa teater Andrew Llyod Webber dan Tim Rice memperoleh status baru.

Mereka kini memiliki EGOT, yang artinya masing-masing pernah mendapat Emmy, Grammy, Oscar dan Tony Awards.

Trio tersebut adalah tim eksekutif produser dari serial musikal sensasional yang menampilkan Legend sebagai Jesus.

Hanya ada 12 orang yang pernah meraih status itu, termasuk legenda Amerika Mel Brooks, komposer Richard Rodgers, serta aktris Whoopi Goldberg, Rita Moreno dan Audrey Hepburn.

Allison Janney bergabung dengan Julia Louis-Dreyfus dan Cloris Leachman, sekelompok wanita yang paling banyak memenangkan Emmys.

Janney mendapatkan Emmy ke-delapannya untuk peran alkoholik yang sedang dalam masa penyembuhan dalam komedi 'Mom'.

Pertama

Aktor veteran Henry Winkler berkemungkinan membawa pulang Emmy pertamanya.

Berperan sebagai 'Barry', dia adalah salah seorang nominator untuk kategori Outstanding Supporting Actor in a Comedy Series.

Sandra Oh, bagian dari keluarga 'Grey's Anatomy' sejak musim awal, bisa menciptakan sejarah jika dia memenangkan kategori Outstanding Lead Actress di serial drama Killing Eve.

Pada bulan Juli lalu, dia adalah wanita berdarah Asia pertama yang pernah masuk nominasi aktris utama kategori drama atau komedi.

Pembawa acara

Presenter 'Saturday Night Live', Colin Jost dan Michael Che, mendapat telepon penawaran untuk jadi presenter Emmy saat berada di rumah masing-masing.

Keduanya punya segmen kocak Weekend Update di SNL, sehingga banyak tawa dan pernyataan tak terduga yang bisa diharapkan.

(rea/ard)