Istri Woody Allen Disebut Tutupi Fakta Pelecehan Suami

AFP, CNN Indonesia | Selasa, 18/09/2018 19:00 WIB
Istri Woody Allen Disebut Tutupi Fakta Pelecehan Suami Woody Allen. (REUTERS/Benoit Tessier)
Jakarta, CNN Indonesia -- Soon-Yi Previn akhirnya angkat bicara mengenai suaminya, Woody Allen, serta ibu tirinya yang juga mantan kekasih Allen, Mia Farrow dan saudara tirinya, Dylan.

Minggu lalu, Soon-Yi diwawancarai New York Magazine, sebuah hal yang jarang sekali dilakukannya.

Dia mendiskusikan hubungan yang retak dengan aktris Mia dan membela Allen dari tuduhan pelecehan seksual yang dilontarkan oleh Dylan.


"Aku tidak pernah tertarik dengan drama 'Mommie Dearest', tidak juga dengan Mia," kata Soon-Yi dalam wawancara yang juga dihadiri Allen, menyinggung film tahun 1981 yang bercerita tentang pelecehan yang dilakukan seorang ibu kepada anak adopsinya.

"Tetapi yang terjadi pada Woody sangatlah menyedihkan, begitu tak adil. Mia telah mengambil keuntungan dari gerakan #MeToo dan membuat seolah-olah Dylan adalah korban. Seluruh generasi mendengar apa yang seharusnya tidak mereka dengar," kata Previn.

#MeToo adalah sebuah gerakan melawan pelecehan seksual, utamanya yang terjadi di tempat kerja.

Di berbagai jaringan sosial, tagar yang dimulai sejak Oktober 2017 itu menjadi makin viral setelah banyak nama-nama pesohor Hollywood disebutkan oleh para korban.

Tidak hanya wanita yang menjadi pernah merasakannya, pria pun ikut bicara soal pengalaman mereka, seperti aktor James Van Der Beek.

Dylan yang mengaku pernah dianiaya Allen saat berusia tujuh tahun, bereaksi terhadap pemberitaan tersebut melalui akun Twitter. Baginya Previn seperti fabrikasi aneh.

Dylan mencela Daphne Merkin yang menulis profil Previn di New York Magazine.

Merkin diketahui sudah berteman dengan Allen selama 40 tahun, memiliki sebuah hubungan yang disebut Dylan dengan 'bergairah'.



Masalah yang disebabkan oleh naskah Merkin makin melebar lantaran Mia dicitrakan sebagai seorang penuntut yang selalu membutuhkan.

Previn mengungkapkan, Mia sering menyebutnya bodoh atau terbelakang.

"Memang tidak mudah dibayangkan, tapi aku tidak bisa mengingat Mia dengan cara menyenangkan," kata Previn, menjelaskan bahwa Mia pernah menampar, memukul, melemparkan barang padanya, juga menjungkirkan kepalanya ke bawah agar 'darah mengalir ke otak'.

Mengatasnamakan anak-anak Mia lainnya, Dylan membantah kisah tersebut.

"Kami tidak pernah menyaksikan apapun selain perlakuan sangat sabar di rumah kami, itulah sebabnya mengapa hakim memberikan hak asuh kepada ibu kami," tulisnya.



Putra Mia, Ronan farrow, mendukung pernyataan saudarinya. Dia mengaku berhutang segalanya kepada sang ibu.

"Penyintas kekerasan berhak mendapatkan yang lebih baik," tulis Ronan di akun Twitter-nya.



Hubungan Previn dan Allen sendiri dicurigai sebagai sebuah ketidakwajaran.

Saat Mia dan Allen masih bersama, aktris tersebut menemukan foto-foto Previn yang diambil oleh pasangannya.

Ketika itu, Previn masih 21 tahun, setengah usia Allen.

Mia memutuskan berpisah tak lama kemudian, sebelum masalah kekerasan yang diakui Dylan muncul, menyusul dugaan yang mengatakan skenario terakhir ini disengaja oleh Mia.

(rea/ard)