Yura Yunita Lega Bebas dari Ikatan 'Si Penghalang' Kariernya

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 20/09/2018 09:13 WIB
Dalam album barunya, Yura menceritakan perjalanan terbahagia dan terpahit selama empat tahun kariernya di industri musik. Yura Yunita. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Empat tahun adalah waktu yang lama untuk solois Yura Yunita merilis album keduanya bertajuk 'Merakit'.

Dalam albumnya yang akan dirilis 21 September 2018, Yura menceritakan perjalanan terbahagia dan terpahit selama empat tahun kariernya di industri musik.

Finalis The Voice Indonesia 2013 ini mengungkapkan kelegaannya bisa bebas dari seseorang yang diakuinya menghalangi dirinya untuk berkarya dengan bebas.


"Selama empat tahun ini, aku pernah merasa dibatasi, dihalangi oleh seseorang dan proses aku melepas diri dari seseorang yang menghalangi karier aku tuh... Wah dua tahun sempat drop juga dan mengalami fase terburuk di hidup aku tuh ya di masa-masa itu," ungkap pelantun 'Intuisi' ini saat diwawancara di Jakarta pada Rabu (19/9).

'Seseorang' inilah yang juga menurut Yura menjadi alasan lamanya proses pembuatan album keduanya.

"Awal tahun 2018 ini aku ngerasa keluar dari goa dan aku bisa melihat dunia cerah di luar sana. Aku sekarang bisa berlari untuk merilis album ini," tambah wanita bernama asli Yunita Rachman ini.

Proses yang berat ini disebut Yura sebagai pendewasaan dirinya sebagai seorang wanita dan musisi independen dalam berkarya.

"Yura di album ini benar-benar jadi Yura yang seutuhnya, betul-betul musik yang aku mau dan aku suka," jelasnya.

Dalam albumnya yang terdiri dari 9 lagu, ada dua lagu yang punya porsi besar di hati Yura.

Di antaranya 'Buka Hati' yang diciptakan bersama solois Tulus dan lagu 'Merakit' yang disebutnya benar-benar menjelaskan perjuangan Yura di setiap liriknya.

"Lirik 'Merakit' betul-betul menjelaskan langkah demi langkah, mulai dari fase terburuk ke fase terbaik dan akhirnya bangkit, hingga kita akhirnya terus maju independen untuk bikin karya. Lagu 'Merakit' benar-benar menjelaskan semua," terang penyanyi kelahiran Bandung ini.

Entah siapa yang dimaksud Yura sebagai 'seseorang' itu, namun kini Yura sudah bisa berkarya mandiri melalui label rekaman baru miliknya sendiri bernama Ayura.

Label itu dibuat oleh Yura bersama manajernya, Tania Anggarda (Anya) dan bergerak secara independen.

Dalam album keduanya ini, Yura juga menyelipkan beberapa singlenya yang sudah pernah dirilis, seperti 'Intuisi', 'Takkan Apa', dan 'Harus Bahagia'.

(tas/ard)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK