Tak Laku, Jaket Han Solo Ditarik dari Acara Lelang

Tim, CNN Indonesia | Senin, 24/09/2018 11:26 WIB
Tak Laku, Jaket Han Solo Ditarik dari Acara Lelang Dari harga Rp6,2 miliar, jaket yang dikenakan Harrison Ford mendapat penawaran tertinggi setengahnya saja. Jaket ini dipakainya di film Star Wars: The Empire Strikes Back. (dok. Lucasfilm Ltd)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jaket ikonis yang dikenakan aktor Harrison Ford saat memerankan karakter Han Solo di Star Wars: The Empire Strikes Back (1980) gagal mencapai target penjualan dalam acara lelang pada akhir pekan lalu di Inggris.

Kostum biru gelap tersebut ditargetkan dapat terjual hingga 1 juta Poundsterling atau Rp18,9 miliar di bawah pengelolaan Prop Store, selaku penyelenggara lelang. Namun, jaket itu kemudian ditarik usai gagal mencapai target paling rendahnya yakni senilai 500 ribu poundsterling atau sekitar Rp9,4 miliar.


Meski demikian balai lelang tersebut berhasil menjajakan barang lain yang dikenakan Ford di layar lebar. Laso yang digunakan dalam film hit Indiana Jones laku melebihi target dengan harga 320 ribu poundsterling (Rp6,2 miliar). Sebelumnya, barang tersebut diperkirakan terjual dengan harga minimum 200 ribu Poundsterling (Rp3,8 miliar).


Selain itu, helm Stormtrooper dari film pertama Star Wars pada 1977 dan film terbarunya Star Wars: The Last Jedi turut dilaporkan meraih harga tinggi di acara lelang. Begitu juga dengan lightsaber yang digunakan Hayden Christensen dalam Star Wars Episode III, kostum Johnny Depp dalam Edward Scissorhands, serta jubah Superman yang dikenakan oleh Christopher Reeve.

Lelang yang diselenggarakan di BFI IMAX, London ini secara keseluruhan menyediakan lebih dari 600 jenis barang dari berbagai proyek film.


Sebelum pelelangan diselenggarakan, sebuah pameran terbuka untuk publik telah diadakan sejak 6 September hingga penyelenggaraan lelang pada akhir pekan lalu. Acara itu memamerkan lebih dari 270 barang dari total barang yang dilelang.

Mengutip Ace Showbiz, para bos Prop Store masih berharap dapat menjual jaket Han Solo yang tak laku saat pelelangan itu setelah menerima beberapa permintaan usai acara. (agn/rea)