Demi 'Suzzanna', Luna Maya Makan Bunga Melati Basi

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 25/09/2018 09:13 WIB
Demi 'Suzzanna', Luna Maya Makan Bunga Melati Basi Sejumlah pengorbanan dilakukan Luna Maya agar total berperan menjadi Suzzanna. Tidak hanya mengalami iritasi mata, Luna pun terpaksa menelan bunga melati basi. (Foto: CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejak aktris horor legendaris Suzzanna wafat 2008 silam, sosoknya memang tak lagi nampak di layar kaca ataupun layar lebar.

Akhir 2018 ini, aktris bernama lengkap Suzzanna Martha Frederika van Osch 'hidup' lagi lewat Luna Maya dalam 'Suzzanna: Bernapas dalam Kubur'.

Mantan kekasih Reino Barack ini mengakui sangat gugup karena tekanan begitu besar, mengingat banyaknya penggemar garis keras Bunda, sebutan untuk mendiang Suzzanna.


"Jujur saya deg-degan banget, gugup. Terus terang karena saya pendam project ini selama 8 bulan dan mengelak setiap ditanya wartawan. Tantangannya berat, perjalanannya panjang, ditambah bawa nama almarhumah Suzzanna," katanya kepada CNNIndonesia, Senin (24/9).


Tak salah apabila artis kelahiran Denpasar ini menyebut punya perjalanan panjang. Salah satu pengorbanan agar bisa tampil semirip mungkin, Luna juga harus meniru kebiasaan Suzzanna makan bunga melati.

Bedanya, Luna sempat terpaksa makan melati yang sudah basi.

"Ada kejadian lucu saat syuting ketika saya diharuskan makan melati. Tapi, kayaknya itu melati belinya kemaren deh, yang bungkusan itu. Saya makan rasanya basi, tapi tetep saya telan, namanya juga syuting. Tapi abis itu langsung saya minta ganti yang fresh," cerita pemeran Barbara dalam film 30 Hari Mencari Cinta itu.

Selain makan melati, hantu Sundel Bolong ini juga identik dengan mata yang melotot. Lantas, Luna sebagai Suzzanna yang baru pun harus sering melotot di hadapan kamera. Namun, tak semudah yang dipikirkan, Luna sempat alami berbagai kesulitan.

"Saya harus pakai kontak lens warna hitam agar sama dengan warna bola mata Bunda Suzzanna. Selama 50 hari syuting itu, setiap melotot itu jadinya agak juling atau burem, pokoknya nggak fokus. Pas adegan nangis juga sulit, karena softlense kan nyerap air," ujarnya.


Tak selesai sampai di situ, Luna juga mengaku pernah istirahat syuting beberapa hari karena matanya bengkak akibat adegan melotot itu tadi.

"Sepanjang saya berkarier, (film) ini yang paling menantang. Saya akui memang mengalami kesulitan melolot. Pernah beberapa hari saya sampai istirahat syuting karena bengkak, iritasi, sakit mata sampai harus ke dokter," cerita Luna.

Meski banyak hal yang harus dilalui wanita 35 tahun ini, ia tetap bersyukur mendapatkan peran sebesar ini.

"It's something big for me, bawa nama seorang legendaris. It's another big thing for my career. Sesuatu yang aku harus syukuri," kata Luna. 

Film 'Suzzanna: Bernapas dalam Kubur' akan tayang di bioskop Indonesia pada 15 November mendatang. (tsy/rea)