Film 'Almost Famous' Bakal Dibuat Versi Teater

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 27/09/2018 06:32 WIB
Film 'Almost Famous' Bakal Dibuat Versi Teater Film peraih Oscar 'Almost Famous' akan dipentaskan di panggung teater. Menurut sang sutradara, dia akan memakai gaya musikal Broadway. (Foto: Dok. DreamWorks via imdb.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film Almost Famous beredar sudah 18 tahun lalu. Baru-baru ini, sang sutradara Cameron Crowe mengumumkan bahwa dia akan membuat versi teater musikal dari film berlatar belakang tahun 1970an itu.

Crowe dikabarkan menulis sendiri naskah musikal film peraih Oscar pada 2001 itu, sementara komposer pemenang Tony Awards, Tom Kitt akan mengerjakan aransemen score-nya. Keduanya juga berkolaborasi untuk penulisan lirik.


Minggu lalu, di akun Twitter-nya, Crowe mengunggah sebuah video pendek di mana Kitt terlihat memainkan piano.




"Aku ingat hari pertama pengambilan film Almost Famous. Kami berdiri di tengah kota San Diego, mengambil adegan Phillip Seymour Hoffman di jalan yang sama seperti ketika aku pertama kali ketemu Lester Bangs. Rasanya seperti tidak nyata, seperti keajaiban," cerita Crowe, merujuk nama seorang jurnalis musik veteran Amerika, dilansir dari Billboard.

"Aku menelepon temanku, kukatakan padanya, 'bagaimana aku bisa sampai di sini?'. Temanku itu tertawa, katanya, 'nikmati saja, hal seperti ini tidak akan terjadi lagi'. Sekarang perasaanku memberitahu keajaiban yang sama terjadi lagi," kata sutradara film Jerry Maguire tersebut.


Almost Famous dirilis pada 2000, menuturkan kisah tentang seorang jurnalis muda berusia 15 tahun yang menulis untuk majalah Rolling Stone, mengikuti perjalanan tur band bernama Stillwater. Perjalanan inilah yang diceritakan mendewasakan William Miller, nama tokoh tersebut. Salah satunya, ketika dia jadi dekat dengan Penny Lane yang diperankan oleh Kate Hudson.

Berbagai penghargaan diterima oleh film yang idenya menceritakan pengalaman pribadi Crowe sendiri itu, di antaranya adalah Best Original Screenplay dari Academy Awards, Best Compilation Soundtrack Album for a Motion Picture di Grammy Awards, serta dua Golden Globe Awards.

Sejauh ini, belum ada pengumuman resmi mengenai siapa saja para pemeran versi teater musikal Almost Famous, namun Crowe telah menjelaskan tim produksinya akan menggunakan gaya Broadway. (rea/rea)