Malu, Alasan Cara Delevingne Enggan Akui Dirinya Dilecehkan

Tim, CNN Indonesia | Senin, 01/10/2018 01:32 WIB
Malu, Alasan Cara Delevingne Enggan Akui Dirinya Dilecehkan Cara Delevingne mengaku penyebab dia enggan menceritakan pelecehan yang dialami karena merasa bersalah dan malu. (Foto: REUTERS/Andrew Kelly)
Jakarta, CNN Indonesia -- Model dan aktris Cara Delevingne menjelaskan alasannya tidak melaporkan pengalamannya dilecehkan.

Berada di antara bintang-bintang Hollywood lainnya seperti Ashley Judd dan Mira Sorvino, Delevingne mengungkapkan mengapa dia memilih menunda mengakui pengalaman buruk itu.

"Aku merasa malu atas apa yang terjadi dan tidak mau terang-terangan merusak hidup orang lain," tulis Delevingne di Twitter, menggunakan tagar #WhyIDidntReport.


Delevingne diketahui menjadi satu dari sekian banyak korban produser Harvey Weinstein. Pada Oktober 2017, model asal Inggris itu menuturkan secara mendetail bagaimana Weinstein memanfaatkan kondisi tanpa persetujuan Delevingne, termasuk menginstruksikan seorang wanita untuk menciumnya di dalam sebuah kamar hotel.

"Aku ragu untuk mengakuinya. Aku tak ingin menyakiti keluarganya. Aku merasa bersalah seolah aku melakukan kesalahan," ungkap Delevingne melalui akun Instagram-nya.

[Gambas:Instagram]

"Aku juga takut kalau hal seperti ini terjadi pada begitu banyak wanita yang mungkin kukenal, tetapi mereka pun takut membicarakannya," kata Delevingne.

Aktris Mira Sorvino, salah satu yang mengaku pernah dilecehkan oleh Weinstein membutuhkan waktu 20 tahun sebelum mengakui hal itu.

Menurutnya, dia tidak menceritakan pengalaman tersebut karena Weinstein bukan yang pertama melecehkannya. Sorvino pernah mengalami hal serupa saat berusia empat tahun.

Ketika memberitahu ayahnya tentang pelecehan yang dilakukan oleh seorang remaja yang dipercaya menjaganya, sang ayah tidak menanggapi serius ceritanya.

Aktris lain, Ashley Judd mengungkap hal serupa. Dia pun beberapa kali dilecehkan, bahkan diperkosa.



Saat ini Weinstein tengah menghadapi sejumlah tuduhan perkosaan dan tindakan seksual tanpa persetujuan, dan dia membantah semuanya.

Ada ratusan wanita beramai-ramai mengaku menjadi korban produser papan atas Hollywood ini. Hal itu membuat Weinstein kehilangan pekerjaan, nama baik, juga istri yang akhirnya memutuskan meninggalkannya. (rea)