Glenn Fredly Dedikasikan Konser Untuk Gempa Palu-Donggala

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 30/09/2018 18:21 WIB
Glenn Fredly Dedikasikan Konser Untuk Gempa Palu-Donggala Glenn Fredly (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Glenn Fredly bakal menggelar konser persembahan untuk musisi senior Yovie Widianto nanti malam, Minggu (30/9) di Ciputra Artpreneur Jakarta. Konser bertajuk 'Tanda Mata Glenn Fredly untuk Yovie Widianto' ini diungkapkannya turut didedikasikan untuk para korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala.

Hal tersebut disampaikan penyanyi berdarah Ambon itu melalui unggahan di akun Instagram-nya.

"Konser Tanda Mata Glenn Fredly untuk Yovie Widianto malam nanti, akan kami dedikasikan sebagai bentuk solidaritas untuk saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah yang mengalami gempa dan tsunami," tulisnya pada keterangan sebuah poster konser.


"Kami mencintaimu Sulawesi Tengah. Doa dan dukungan sebagai sesama anak bangsa ada buat kalian," tambahnya.

[Gambas:Instagram]

Palu dan Donggala porak-poranda setelah diguncang gempa dan tsunami pada Jumat (28/9). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa tsunami setinggi 1,5 hingga 2 meter menghantam Palu setelah gempa terjadi. Berbagai bangunan hancur dan jalan retak akibat gempa dan tsunami ini.

Hingga Minggu (30/9) siang, total korban tewas mencapai 832 orang dengan terbanyak di Palu yakni 821 orang, sementara di Donggala 11 orang.

Lebih dari 540 orang terluka karena gempa tersebut, sementara 17 ribu pengungsi tersebar di beberapa titik di kota Palu. Di antara jumlah tersebut, 71 di antaranya yang terdampak merupakan warga negara asing.

Jumlah korban tewas, menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwonugroho, ada kemungkinan akan terus bertambah karena banyak jenazah yang belum teridentifikasi.

Terkait konser itu sendiri, Glenn mengatakan bahwa ini menjadi wujud apresiasi nyata dirinya terhadap musisi dan ekosistem musik Indonesia. Dirinya telah rutin menggelar konser Tanda Mata tersebut selama tiga tahun terakhir dan tepat di hari lahirnya pada 30 September.

Sebelum diberikan kepada Yovie Widianto, Glenn lebih dulu mempersembahkan konser 'Tanda Mata' ini kepada musisi Ruth Sahanaya (2016) dan Slank di tahun berikutnya.

"Kebahagiaan tak terhingga saat bisa memberikan penghargaan serta merayakan karya terbaik musisi tanah air bersama musisi lainnya. Hormat bagi kalian penikmat musik yang terus merawat memori baik serta menghargai karya cipta pelaku musik tanah air," ungkap Glenn.

[Gambas:Instagram] (agn/eks)