Gisele Bundchen Pernah Berpikir untuk Bunuh Diri

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 03/10/2018 16:29 WIB
Gisele Bundchen Pernah Berpikir untuk Bunuh Diri Gisele Bundchen mengungkapkan masa-masa sulit dalam kehidupannya. (Foto: REUTERS/Paulo Whitaker)
Jakarta, CNN Indonesia -- Supermodel Gisele Bundchen tak kuat menahan tangis, sampai tertangkap kamera tersedu kala menuturkan kisah kehidupannya sebelum sesukses sekarang.

Melansir dari Foxnews, model Victoria's Secret itu membicarakan masa-masa sukarnya dalam buku terbaru, Lessons: My Path to a Meaningful Life.

Bundchen ternyata pernah berpikir untuk bunuh diri. Di bukunya, dia menulis, "Ide itu datang, aku seperti tersapu. Mungkin akan lebih mudah kalau aku hanya meloncat."


"Malam itu aku memutuskan untuk dipijat, dan aku takkan lupa betapa indahnya malam hari di New York, dan aku ingin dipijat karena tubuhku tegang sekali," kata Bundchen.



"Tetapi di tengah pemijatan, aku tiba-tiba tak bisa bernafas. Aku berdiri, aku pergi keluar, seperti 'oke, aku sudah di luar. Seharusnya aku sudah bisa bernafas', tapi aku tetap tak bisa melakukannya," lanjut salah satu model tersukses di dunia tersebut.

"Aku marah sekali saat menyadari tak bisa bernafas, padahal ada air di meja di depanku. Apa yang bisa lebih menakutkan? Untuk sesaat aku berpikir, aku tinggal di lantai sembilan. Kupikir aku hanya perlu melompat untuk mengakhiri semuanya," ujar Bundchen.

Sepanjang wawancara, istri atlet Tom Brady itu menceritakan perjuangannya melawan anxiety dan serangan kepanikan yang dialaminya sejak dia berusia 23 tahun.

"Mungkin karena gaya hidupku. Aku tidak mengambil keputusan yang baik untuk kesehatanku. Kalau kamu merokok satu pak sehari, minum tiga mocha frappucino sehari dan minum sebotol anggur malam harinya, dan tidak cukup tidur, dan bekerja setiap hari, itulah resep memiliki serangan panik," ungkap Bundchen.



Ketika pergi ke dokter, Bundchen mendapatkan resep obat penenang. Namun dia memutuskan tak mau tergantung pada obat-obatan.

"Aku hanya berdoa, mengingat yang telah kulalui, kemudian mulai bermeditasi dan yoga. Lalu aku mengubah hidupku. Aku berhenti minum dan merokok. Aku tidak mengonsumsi gula selama tiga bulan. Aku hanya tidak melakukannya," kata Bundchen.

Bundchen menyatakan, dia melakukan hal itu karena menyadari hanya dirinya sendiri yang bisa menyelamatkan hidupnya.

Dalam kesempatan yang sama, wanita yang turut muncul dalam The Devil Wears Prada ini juga mengaku sempat 'kehilangan' dirinya setelah melahirkan anak pertamanya.

Masalah kesehatan mental jangan dianggap enteng. Jika Anda pernah memikirkan atau merasakan tendensi bunuh diri, mengalami krisis emosional, atau mengenal orang-orang dalam kondisi itu, Anda disarankan menghubungi pihak yang bisa membantu, misalnya saja Komunitas Save Yourselves https://www.instagram.com/saveyourselves.id, Yayasan Sehat Mental Indonesia melalui akun Line @konseling.online, atau Tim Pijar Psikologi https://pijarpsikologi.org/konsulgratis (rea/rea)