Penyelenggara DWP 2018 di Bali Tak Khawatir Bakal Didemo

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 03/10/2018 20:43 WIB
Penyelenggara DWP 2018 di Bali Tak Khawatir Bakal Didemo Pindah ke Bali, penyelenggara DWP 2018 mengaku tak khawatir kejadian didemo seperti pada 2017 bakal terulang. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Brand manager Ismaya Group, Sarah Deshita membantah kabar yang sempat beredar bahwa alasan DWP 2018 atau DWPX pindah ke Bali pada Desember nanti karena khawatir kembali didemo dari sejumlah organisasi masyarakat.

"Bukan [karena takut] sih, memang sempat ada berita simpang siur beredar DWP pindah karena takut. Sebenarnya memang dari awal kita tidak pernah ada rencana tahun ini mau di sini [Jakarta], bahkan kita belum masukin ke perizinan or whatever," jelas Sarah, Rabu (3/10).

"Tahun lalu sudah coba nge-check GWK, tapi masih dalam tahap pembangunan dan kapasitas juga belum cukup, dan tanggal yang kita mau belum available, alhamdulillah tahun ini kami kayak dibantu semesta untuk originally menyelenggarakan DWP di tanggal yang kita mau," ungkapnya.



Pada tahun lalu, acara Djakarta Warehouse Project (DWP) 2017 sempat diwarnai oleh sejumlah aksi protes dari beberapa organisasi masyarakat yang menilai acara itu tak sesuai dengan norma budaya dan agama.

Gabungan elemen ormas itu diantaranya adalah Bang Japar dan Forkabi Kemayoran.

Dalam spanduk yang dibawa saat itu, mereka menulis bahwa warga kemayoran menolak DWP di Jiexpo dan menuding DWP sebagai budaya Amerika.

Festival yang sering diperdebatkan karena kehadiran miras itu dinilai Dewan Penasehat LBH Bang Japar Kecamatan Kemayoran, Suhadi dapat merusak akhlak generasi muda.


"Aksi damai penolakan ini karena DWP tidak sesuai dengan norma agama dan budaya serta berbau maksiat," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, 13 Desember 2017.

Berkaca pada aksi tersebut, Sarah menjamin pagelaran DWP tahun ini tak akan diwarnai demonstrasi.

"Sebenarnya tahun lalu pun ketika datang dan tidak mengganggu, kita bisa membantu untuk membereskan jadi dipercayakan saja, " jawab Sarah.

Operational manager Ismaya Group, Melyssa Niode juga menegaskan akan membawa tim pengamanan Ismaya Jakarta ke Bali untuk memastikan acara berjalan aman dan nyaman. (tsy/end)