FOTO: Di Balik Indah Balet Paris

AFP PHOTO/STEPHANE DE SAKUTIN, CNN Indonesia | Senin, 08/10/2018 04:03 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Di atas panggung para penari balet memang terlihat mengesankan, namun di belakang panggung mereka harus berlatih dengan keras.

Para penari dari sekolah balet ternama di Paris, Paris Opera Ballet, terlihat bersiap untuk tampil dalam panggung Opera Garnier di Palais Garnier, Paris, Perancis, yang berlangsung pada 27 September 2018.
Setiap tahunnya, sebanyak 150 penari balet dari sekolah ini tampil dalam acara bergengsi di Palais Garnier.
Di belakang panggung, para penari yang berusia belasan tahun itu terlihat saling bercanda dengan sesama kawannya. Namun di balik suasana santai itu, setiap harinya mereka harus berlatih dengan kedisiplinan tinggi.
'Little rats of the Opera' atau anak-anak sekolah tari, begitu sebutan mereka, harus latihan dengan kerasa agar bisa terpilih tampil dalam panggung semegah Palais Garnier.
Paris Opera Ballet atau yang disebut dalam bahasa Perancis 'Ballet de l'Opéra national de Paris' adalah sekolah tari balet tertua di dunia, bersama Mariinsky Ballet, Moscow Bolshoi Ballet dan the London Royal Ballet.
Paris Opera Ballet menggelar 180 panggung tari balet setiap tahunnya.
Menjadi murid di Paris Opera Ballet tidaklah mudah. Calon siswa harus lolos audisi dengan persaingan ketat yang digelar bulan Mei setiap tahunnya.
Paris Opera Ballet telah berdiri sejak tahun 1669 yang dikepalai oleh penari balet ternama asal Perancis, Patrice Bart (1990-2011), Laurent Hilaire (2011-2014) dan saat ini Clotilde Vayer.
Paris Opera Ballet juga punya cabang bernama Paris Opera Ballet School, yang diperuntukkan untuk penari balet muda.
Anak-anak muda di Perancis masih menganggap penari balet sebagai karier yang menjanjikan. Oleh karena itu bisa diterima sebagai Paris Opera Ballet merupakan kebanggaan tersendiri, walau harus berlatih tekun setiap harinya.


ARTIKEL TERKAIT