'Go Young Cop Law', Lagu Sarat Makna dari Saykoji

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 05/10/2018 16:22 WIB
'Go Young Cop Law', Lagu Sarat Makna dari Saykoji Saykoji melepas lagu terbaru 'Go Young Cop Law' yang bernuansa dangdut koplo. (Foto: CNN Indonesia/Endro Priherdityo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saykoji merilis lagu terbaru bertajuk Go Young Cop Law secara digital melalui akun YouTube. Lagu itu ia rilis dengan video yang menyajikan lirik beserta kompilasi video orang-orang sedang berjoget.

Serupa dengan judul yang dibaca jadi 'goyang koplo', lagu berdurasi tiga setengah menit ini berisikan suara alat musik yang identik dengan musik koplo yaitu gendang. Koplo merupakan salah satu subgenre dari dangdut.




"Sejak awal gue nge-rap, memang gue merasa kalau warna musik di Indonesia bisa banget dipadu dengan musik rap," kata Saykoji kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Jumat (5/10).

Musik dangdut koplo semakin terasa dalam Go Young Cop Law karena ada suara suling bambu dan gitar elektrik. Petikan gitar elektrik dimainkan sesuai dengan bunyi suling bambu.

Rapper yang memiliki nama asli Ignatius Rosoinaya Penjami ini menggabungkan lirik bahasa Indonesia dan Inggris. Bahasa Inggris banyak digunakan saat bagian reff, seperti penggalan lirik berikut:

I got the plug
Y'all know my name
I don't need no luck
I been working on my game
Like go young cop law
go young cop law

When I move I kept it low
Like go young cop law

Lagu ini mulai Igor kerjakan sejak akhir bulan September lalu. Kemudian baru Senin (1/10) lalu ia sempat merekam suara dan merilis hari ini.



Igor menjelaskan lagu baru akan selalu ia produksi tanpa tenggat waktu. Dengan begitu, kata Igor, pembuatan lagu akan selalu menyenankan karena tidak ada yang diburu.

Meski terasa seperti bercanda dalam bahasa Inggris, Go Young Cop Law tergolong lagu yang sarat makna. Igor bercerita tentang musik hip-hop yang saat ini tengah naik daun di Indonesia.

"Gue sebetulnya senang melihat banyak orang terjun jadi rapper, terutama di YouTube. Tapi dari situ timbul pertanyaan apakah mereka lagi ikut tren atau memang berniat jadi rapper seterusnya setelah trend berubah," kata Igor.

[Gambas:Youtube]

Namun, di tengah musik hip-hop yang kembali tenar terdapat rapper yang menurut Igor miris. Hal ini nampak jelas dari lirik yang berbunyi seperti berikut:

Gak masalah lo model lirikal atau lo tipikal yang mumble
Bisa ngerap beneran ataukah editan digital yang nambel

Rekam sepotong sepotong hasilnya jadi ketolong kaga bolong bolong
Part yang kosong kosong elo borong borong
Pake skrrrt skrrrt jadi plong

"Hip-hop scene sejak dulu memang vokal berekspresi, karena dari situ kita saling mengasah satu sama lain. Tapi ini bukan lagu diss, karena sebuah diss track pasti memang spesifik perlu menyerang karakter orang lain," kata Igor.



Uniknya, dalam lagu ini terkandung penggalan lirik dan nada dua lagu hip-hop yang sangat terkenal. Dua lagu itu adalah This Is America milik Childish Gambino dan Humble milik Kendrick Lamar.

Dalam dunia hip-hop, kata Igor, hal itu disebut interpolation sebagai penghormatan terhadap musisi lain, bukan menyontek. Menurutnya, orang yang mendengar Go Young Cop Law pasti tahu terdapat lirik dan nada This Is America dan Humble.

"Penggabungan keduanya jadi punya makna sendiri karena mereka berdua adalah musisi dengan konten lirikal yang luar biasa dan begitu digabungkan seakan mengingatkan kita semua, termasuk gue, bahwa kita di Indonesia. Jangan lupa tetap rendah hati," kata Igor. (adp/rea)