Jarang Bertemu, Rahasia Kekompakan 30 Tahun KLA Project

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 05/10/2018 21:59 WIB
Jarang Bertemu, Rahasia Kekompakan 30 Tahun KLA Project Bagi Katon Bagaskara, jarangnya pertemuan antar anggota KLA Project menjadi rahasia kekompakan mereka selama tiga dekade. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Telah berkarier selama 30 tahun, hubungan yang dibangun antara personel KLA Project bukan sekadar partner bermusik, tetapi sobat karib.

Rahasia soliditas band yang terdiri dari Katon Bagaskara, Romulo Radjadin atau Lilo, dan Adi Adrian itu terbilang sangat sederhana.

"Yang penting jarang ketemu," jawab Lilo sambil tertawa, kala ditemui media di Jakarta, Jumat (5/10).


Bagi sebagian orang, menjalani kehidupan bersama seperti dalam sebuah band selama tiga dekade adalah waktu yang panjang. Namun itu tak dialami oleh Katon.


"Baru 30 tahun, seumur pacar saya itu mah. 30 tahun kan lagi segar-segarnya," guyon mantan suami aktris Ira Wibowo itu.

Berbeda dengan Katon, Adi merasa awetnya persahabatan mereka adalah suatu hal yang luar biasa.

Ia sangat bersyukur atas kebersamaan KLA dan menanggapnya sebagai sebuah anugerah dan karunia.

"30 tahun itu bukan suatu yang biasa saja, cukup panjang untuk sebuah kebersamaan dan kami merasa bersyukur," kata Adi.

"Maka itu kami ingin gelar konser untuk penggemar. Kami paham bahwa semesta yang mengantar kami hingga hari ini," tambahnya.


Semesta itulah yang menjadi 'jiwa' dari konser bertajuk 'Karunia Semesta' yang akan digelar di JCC Plenary Hall, 5 Desember 2018 mendatang dengan target 4.000 penonton.

KLA telah berkecimpung di industri musik sejak 1989. Lagu andalannya berjudul 'Yogyakarta' menerima tiga penghargaan BASF sekaligus pada 1891 dengan kategori aransemen terbaik, lagu terbaik, techno terbaik.

Dalam perjalanan bermusiknya, KLA sempat berganti nama menjadi NuKLA dengan kehadiran tiga personel baru yang menggantikan keluarnya Lilo pada 2001.

Seiring berjalannya waktu, perbedaan visi dari NuKLA menyisakan Katon dan Adi berdua. Bagai persahabatan yang tak bisa terputus, kembalinya Lilo pada 2009 mengembalikan formasi 3 orang KLA Project. (end)