Banksy dan Mesin Penghancur Rahasia di Balik Bingkai Lukisan

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 07/10/2018 19:24 WIB
Banksy dan Mesin Penghancur Rahasia di Balik Bingkai Lukisan ilustrasi lukisan Banksy (REUTERS/Luke MacGregor)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seniman Inggris misterius Banksy membuat dunia seni geger karena merusak lukisannya sendiri setelah terjual Rp21 miliar.

Setelah palu rumah lelang Sotheby's diketuk sebagai penanda terjualnya lukisan Girl with Balloon ke penawar tertinggi, secara perlahan lukisan tersebut 'turun' dari bingkai dalam kondisi tercabik-cabik kecil. Video yang beredar menggambarkan betapa kagetnya orang-orang dalam ruangan tersebut melihat lukisan itu hancur.

"Going, going, gone," tulis Banksy dalam unggahan di media sosialnya.



Tak ada yang tahu bagaimana cara kerja mesin penghancur kertas yang terpasang di dalam bingkai lukisan tersebut. Namun diduga shredder atau penghancur kertas ini bekerja dengan dikendalikan remote control.

Sabtu (6/10) lalu, Banksy akhirnya mengunggah jawaban atas pertanyaan banyak orang tentang penghancur kertasnya. Banksy mengaku menjadi otak di balik penghancuran karyanya sendiri. 

"Beberapa tahun lalu saya membuat penghancur kertas rahasia di balik lukisan," tulis Banksy dalam videonya.

"Untuk berjaga-jaga jika (lukisan ini) masuk di pelelangan."


Video tersebut juga memperlihatkan bagaimana sosok orang yang diduga Banksy ini menambahkan penghancur kertas kecil di belakang bingkai lukisannya.

"The urge to destroy is also a creative urge. (Dorongan untuk menghancurkan juga sebuah dorongan kreatif)," tulis Banksy mengutip Picasso.

[Gambas:Instagram] (chs)