Visual Absurd Penuh Makna dari Kunto Aji di 'Topik Semalam'

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 11/10/2018 20:43 WIB
Visual Absurd Penuh Makna dari Kunto Aji di 'Topik Semalam' Bersama sutradara Fluxcup, penyanyi Kunto Aji hadir membawa video musik 'Topik Semalam' yang unik dan penuh makna. (Foto: CNN Indonesia/Natasya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyanyi Kunto Aji menghadirkan visual mengejutkan untuk single terbarunya, Topik Semalam yang diambil dari album kedua, Mantra Mantra.

Dengan lirik penuh harap yang niscaya membuat kaum hawa terbuai, Topik Semalam sejatinya bertutur mengenai keinginan Aji untuk menjalin hubungan lebih serius dengan kekasihnya.

Rupanya, sang kekasih meragukan Aji sehingga pria kelahiran Jogja itu merasa perlu menenangkan hati.


"Semalam kau tanyakan lagi arah kita//sanggupkah aku mengikatmu untuk selamanya//kau jangan takut//aku punya rencana//kau jangan takut//walau semua masih ada di kepala," ujar Aji seraya meminta pujaan hatinya bersabar.


Topik Semalam, seperti kebanyakan lagu-lagu Aji, kuat di lirik dengan tempo cenderung santai, sehingga wujud visualnya amat menarik perhatian.

Fluxcup, sutradara video musik Topik Semalam, mengaku bahwa Aji pun tak tahu-menahu soal konsep klip itu. "Kalau ide semua dari saya, karena kita kan terpisah jarak juga. Aji di Jakarta, sibuk, saya juga di Bandung juga banyak kegiatan," katanya dalam obrolan bersama CNNIndonesia, Kamis (11/10).

"Ketemuan sekali sama tim Aji, selanjutnya semua by email. Dan saya nggak kasih tahu Aji ending videonya bakal kayak gimana. Sengaja saya keep karena Aji bilang dia suka kejutan," imbuh Fluxcup yang harus menyimpan rahasia itu rapat-rapat.

Namun ia tak sendiri. Tim Aji pun sepakat menyembunyikan hal tersebut dari sang artis, sehingga justru Aji menjadi satu-satunya yang tak tahu akhir Topik Semalam sampai dia harus menjalani pengukuran kostum dan properti klip.

Sebagai sutradara, konsep Fluxcup terasa absurd meski sebenarnya ada banyak makna terselubung, seperti gambaran Aji yang terikat di papan roda dan dilempari berbagai macam barang oleh Rendha.

"Inti dari ceritanya sih seorang laki-laki yang tegar dan optimis dalam menghadapi pemikiran-pemikiran pasangannya, dari yang biasa hingga yang ekstrim. Di sini saya mengambil lirik 'kau jangan takut, aku punya rencana' itu sikap yang cukup bertolak belakang," tutur pria yang lama berkutat di belakang layar tersebut.


"Di pihak wanita ambek-ambekan [merajuk], namun di pihak laki-laki nanggepinnya dengan santai, senyum, sabar, karena si laki-laki itu tahu dia sudah punya rencana. Nah, saya menghadirkan ketakutan-ketakutan yang dilontarkan Rendha dengan analogi perabotan rumah tangga, yang sudah sangat jelas ini merupakan drama yang mereka hadapi," kata Fluxcup.

"Dan properti throwing knife wheel ini juga adalah representasi dari kepala Aji dengan gambar otak yang tak berhenti berputar, dan dengan arah putaran clockwise juga saya simbolkan sebagai perjalanan waktu,"

Kehadiran fotografer Rendha Rais dan Julius menjadi nilai lebih dalam video berdurasi cukup lama ini. Ada alasan tersendiri bagi Fluxcup mengajak serta Rendha.

"Rendha sosok wanita independent multitalenta, dan saat kemunculan Rendha di music video Seringai sebagai pramugari, saya sudah bisa lihat kalau Rendha cocok untuk karakter ini," jawab Fluxcup yang sempat mempromosikan Topik Semalam di Instagram-nya. 

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Youtube]

Aji sendiri selaku pemeran utama, mengungkapkan komentar jujur di akun YouTube-nya. "Kebetulan alat ini dikasi buat gw sama Ucup, nanti kalo bikin showcase/tour mau gw pajang buat wahana bermain. Jadi kalian bisa merasakan dan membayangkan DIPUTAR PUTAR SELAMA 9 JAM," tulisnya, merujuk pada properti roda berputar.

Memiliki banyak makna tersimbolisasi, baluran humor khas Fluxcup tetap membaluri Topik Semalam. Aji pun menyambut gembira hasil final video musik ini.

"Aji seneng-seneng aja, karena saya sengaja pengen ganggu mood musik yang bagus dengan iklan yang nggak jelas tiba-tiba muncul di menit-menit terakhir," kata Fluxcup mengenai kejutan 'absurd' di akhir klip.

[Gambas:Youtube] (rea/rea)