Dekat Rilis Album 'Numbers' Hasil Galang Dana

CNN Indonesia | Jumat, 12/10/2018 16:59 WIB
Dekat Rilis Album 'Numbers' Hasil Galang Dana Atas banyaknya permintaan merilis dalam bentuk fisik, trio Dekat merilis album 'Numbers' dalam bentuk CD dan berdasarkan penggalangan dana. (Dok. Dekat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dekat telah merilis album perdana bertajuk Numbers secara fisik dan digital. Album dengan format cakram padat atau compact disc (CD) mereka rilis setelah menggalan dana melalui situs Kolase.com sejak Agustus yang berakhir akhir September kemarin.

"Waktu galang dana pengerjaan album baru 30 persen. Kami terharu banyak orang yang percaya barang ini akan jadi," kata vokalis Dekat, Kamga kepada CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon, Jumat (12/10).

Kamga menjelaskan sebenarnya penggalangan dana dilakukan untuk merilis Numbers dalam bentuk CD. Tanpa penggalangan dana, Numbers akan tetap rilis namun dengan bentuk digital.


Di tengah keterbatasan, band yang terbentuk sejak 2014 ini masih ingin merilis karya dengan format fisik lantaran cukup banyak pendengar yang meminta. Sampai akhirnya mereka menggalang dana lewat dua paket.


Paket pertama berisikan kaos dan CD yang dijual seharga Rp185 ribu. Paket kedua berisikan CD, kaos, papper toy dan lirik yang ditulis dengan tangan.

"Sekarang kami memperlakukan CD sebagai merchandise. Di setiap pembelian dua paket itu ada sesuatu yang berbeda, jadi ketika ada orang yang membeli ya mereka doang yang punya," kata Kamga.

Dekat awalnya menargetkan total 250 pembeli untuk dua paket tersebut. Sampai akhir penggalangan dana, terdapat 91 pembeli dengan total uang sekitar Rp21 juta.

"Kami enggak ada ekspektasi dan ternyata responsnya positif. Selama empat tahun kami nge-band, belum pernah jual merchandise sebanyak ini," kata Kamga.


Lebih lanjut, Kamga menjelaskan Numbers berisikan delapan lagu yang semuanya menggunakan bahasa Inggris. Delapan lagu tersebut adalah Friends, John Cena, Fire, 20, Money, Comedy, Amen dan Why Worry.

Selebumnya lagu Money sudah dirlis sebagai single pada Mei lalu. Lagu yang menceritakan keadaan buruk finansial itu mereka rilis bersamaan dengan video lirik yang diunggah melalui YouTube.

Semua lagu tersebut bercerita tentang kehidupan tiga personel Dekat selama satu tahun terakhir. Tanpa disengaja kehidupan mereka lekat dengan angka sehingga menjadikan kata Numbers sebagai judul. 

Secara tidak langsung angka-angka itu mereka jelaskan di dalam lagu. Lagu Friends misalnya, lagu itu bercerita tentang Kamga Chevrina Anayang dan Tahir Hadiwijoyo yang sempat mengalami krisis kehidupan karena sudah berusia kepala tiga.

[Gambas:Youtube]

Lagu John Cena bercerita tentang Dekat yang sudah bermusik selama empat tahun. Kemudian lagu 20 bercerita tentang perdebatan sepasang kekasih.

Sementara tiga lagu Comedy, Amen dan Why Worry yang diletakkan urutan pada bagian terakhir bercerita tentang Tuhan. Comedy bercerita tentang Tuhan yang kerap memberi cobaan, Amen bercerita tentang rasa terima kasih pada Tuhan dan Why Worry bercerita tentang menjalani segala sesuatu yang dikehendaki Tuhan.

"Kalau Fire bercerita tentang semangat bermusik yang terus nyala. Kadang saat mau tidur rasanya ingin bubar, tapi begitu bangun enggak bisa karena ini jalan kami." kata Kamga. (adp/end)