Katon Bagaskara, Saksi Karier dan Jodoh Melly Goeslaw

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 14/10/2018 17:45 WIB
Katon Bagaskara, Saksi Karier dan Jodoh Melly Goeslaw Katon Bagaskara adalah salah satu orang penting dalam sejarah hidup seorang Melly Goeslaw, baik dalam karier maupun percintaan. (dok. Masyaril Ahmad)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyanyi senior Katon Bagaskara punya sejarah dalam perjalanan hidup pelantun 'Bunda', Melly Goeslaw. Pasalnya, Melly menemukan titik balik kariernya ketika menjadi penyanyi latar untuk album solo Katon Bagaskara di era awal 90an.

"Dulu saya emang ingin bikin band yang spesialis mengiringi lagu di album solo saya dan akhirnya terbentuklah penyanyi-penyanyi seperti Andy Ayunir, Arie Ayunir, Anto Hoed, dan memerlukan backing vocal, salah satunya Melly Goeslaw," cerita Katon kepada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Bukan hanya soal karier, Katon secara tak langsung jadi 'mak comblang' pasangan musisi Melly dan Anto Hoed yang menikah pada 1995. Berkat intens latihan dan kegiatan yang dilalui bersama, bibit cinta keduanya pun kian muncul.


"Surprise-nya zaman dulu Melly belum kenalan sama Anto, jadi malah ketemu ketika latihan bareng. Waktu itu Melly belum bikin lagu sama sekali, jadi ketika kami show, mereka (Anto-Melly) terus intens mengikuti proses saya berkarya live, mereka kemudian jadi pacaran, di situ timbul lah satu sinergi yang luar biasa," kata anggota grup band KLa Project ini.


Buat Katon, Anto-Melly adalah pasangan maut kalau bicara soal musikalitas.

"Anto ini kan bisa memainkan alat musik, Melly bisa merangkai melodi. Dia (Melly) baru menyadari bertemu pasangan yang bisa memancing dia untuk mengeluarkan melodi itu. Mereka kemudian bisa bikin lagu bersama," lanjutnya.

Ibu dari putra bernama Anakku Lelakiku itu mengawali kariernya dengan bolak-balik jadi penyanyi latar beberapa bintang terkenal saat masih remaja, di antaranya Nike Ardilla, Gita Purnamasari, Armand Maulana, dan masih sederet lainnya.

Namun, nasib baik mempertemukan Melly dengan Katon yang pada akhirnya membuka pintu lebar untuk karier Melly bersama band Potret. Band beranggotakan Melly Goeslaw, Anto Hoed, dan Arie Ayunir itu dibentuk 1995 di tengah jeda Katon dalam bermusik.

Katon merasa bangga bahwa Melly adalah 'kacang' yang tidak lupa 'kulitnya'.

Melly Goeslaw kala tampil di Java Jazz Festival 2015 bersama Potret.Melly Goeslaw kala tampil di Java Jazz Festival 2015 bersama Potret. (CNN Indonesia/Safir Makki)

"Saya senangnya adalah Melly masih appreciate saya sebagai bagian dari sejarah dia sampai dia jadi dia yang sekarang," jelas mantan suami Ira Wibowo itu.

Sewaktu karier Melly menanjak, Katon pernah berkolaborasi dengan penyanyi eksentrik tersebut dalam sebuah lagu bertajuk 'Lara Hati'. Dalam khayalan saudara kandung penyanyi Nugie itu, ada niatan kembali berkolaborasi untuk menciptakan lagu bersama.

"Next sih, saya berkhayal mau nyiptain lagu bareng malah dan akhirnya menjadi sebuah lagu hit yang beda angle-nya," sebut pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah itu.

Katon memang punya kesan tersendiri untuk Melly. Menyaksikan pendiri Bukan Bintang Biasa (BBB) itu sejak masih nol di blantika musik Indonesia, pria 47 tahun itu mengatakan jika Melly memang selalu nyentrik sejak dulu.

"Dari awal sih orangnya nyentrik ya, cara berpakaiannya juga nyentrik. Waktu ketemu saya, Melly Goeslaw masih kurus sih. Kalo sekarang pun dengar-dengar, walaupun dia badannya sudah lebih 'sehat' tapi bajunya tetap nyentrik seperti dulu. Funky banget itu orangnya," tuturnya.

(agn, tsy/rea)