RM 'BTS' Gratiskan Unduh Mixtape 'Mono'

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 23/10/2018 13:34 WIB
RM 'BTS' Gratiskan Unduh Mixtape 'Mono' RM dari boyband BTS melepas sebuah mixtape baru, dilengkapi sebuah video musik. (Foto: Big Hit Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- RM dari BTS memberi kejutan manis untuk penggemar dengan mengumumkan rilisnya mixtape terbaru, lengkap dengan sebuah video musik.

Ada tujuh lagu termuat dalam mixtape kedua RM, yang kerap disebut sebagai 'playlist' oleh sang artis, memiliki titel Mono. Mixtape pertama sudah dirilis pada 2015 lalu dengan tajuk RM [Rap Monster].




Bersamaan dengan itu, RM juga melepas video musik 'Forever Rain', satu dari tujuh lagu dalam Mono.

Billboard menyebut nuansa kelelahan dan kesepian dalam 'Forever Rain' yang memakai bahasa Korea dan Inggris, ditingkahi rap RM yang lembut dan lambat, nyaris putus asa.

"I wish it rains all day// Cuz then people wouldn't stare at me// Cuz the umbrella would cover the sad face sad face// Cuz in the rain people are busy minding themselves," kata RM dengan sedih dalam 'Forever Rain'.

Lagu tersebut justru menjadi yang terakhir dalam Mono. Enam lagu sebelumnya adalah 'Tokyo', 'Seoul', 'Moonchild', 'Badbye' [featuring eAeon], 'Uhgood' dan 'Everythingoes' [featuring Nell].

Nama Honne, duo elektronik Inggris yang belakangan ini amat populer, muncul sebagai produser untuk 'Seoul'; sementara eAeon adalah artis indie Korea yang dikenal dengan sound elektronik yang berat dan 'menghantui'.

Dalam Mono, RM juga berperan sebagai produser, sekaligus membantu menulis aransemen dan lirik lagu. 



'Uhgood' disebut pula terkait dengan tema pidato BTS di Sidang Umum PBB di New York, Amerika, yaitu eksplorasi dan penerimaan diri sendiri. Belakangan ini, kiprah internasional boyband  ini memang sedang menjadi pembicaraan hangat. Bahkan, mereka mendapat penghargaan khusus dari pemerintah lantaran dianggap membantu mempopulerkan budaya Korea Selatan.

Dengan kesuksesan dan citra baik tersebut, BTS pun memperpanjang kontrak bersama agensi Big Hit Entertainment hingga tujuh tahun ke depan.

"Kami akan melakukan yang terbaik untuk menghadirkan penampilan lebih baik kepada penggemar dari seluruh dunia dan kepada Big Hit, yang sudah dengan baik hati mendukung kami hingga sejauh ini," kata BTS dalam pernyataan terkait perpanjangan kontrak, beberapa waktu lalu.

Mono dirilis gratis dengan tautan unduh yang dibagikan pula oleh BTS. Mixtape kedua ini keluar tak lama setelah BTS menyelesaikan tur dunia 'Love Yourself'.

[Gambas:Youtube] (rea)