Anggota Beberkan Bukti Kekerasan pada The East Light

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 24/10/2018 04:28 WIB
Anggota Beberkan Bukti Kekerasan pada The East Light Anggota sekaligus pimpinan The East Light membeberkan bukti kekerasan yang ia dan teman-temannya alami dari pihak agensi. (Screenshot via Instagram/@theeastlight.official)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kasus dugaan kekerasan yang dialami band Korea Selatan The East Light dengan agensi yang menaunginya, Media Line Entertainment memasuki babak baru di ranah hukum.

Sang pemimpin band, Lee Seok Cheol yang diwakili pengacaranya Jung Ji Seok, terang-terangan menunjukkan bukti foto kekerasan yang dialami saudara kandung yang juga anggota bandnya, Lee Seung Hyun.

Dalam foto yang disebarluaskan itu, terlihat area kulit di bagian atas kepala Seung Hyun dipenuhi darah. Luka-luka yang disertakan juga termasuk bagian lengan, betis, dan bokong remaja 16 tahun itu.


Jung kemudian menyebut produser Moon Young II menggunakan berbagai alat untuk memukul anggota tubuh personel band.


"Inti dari situasi ini adalah produser Moon terbiasa melakukan kekerasan kepada anggota The East Light selama sekitar empat tahun, mulai sekitar Maret 2015 hingga sekarang. Dia melukai menggunakan berbagai [senjata] termasuk tongkat baseball, mikrofon logam, dan stang besi," jelas Jung.

Tak selesai di situ, rekaman pesan singkat ayah terduga korban dengan produser Moon Young II pun terungkap.

Ayah dari kakak beradik Lee itu sempat mengancam si produser apabila tak kunjung berhenti memukul para personel The East Light.

"Tuan Moon Young Il, saya harap Anda ingat bahwa mulai sekarang, jika Anda melakukan pelanggaran kriminal terhadap anggota The East Light, termasuk Seok Cheol dan Seung Hyun, saya tidak hanya akan mengambil tindakan hukum, tetapi saya juga akan menyiapkan gugatan perdata besar terhadapmu," tulis si ayah dalam pesan singkat yang disebut dikirim pada 21 Agustus lalu.


"Ingatlah bahwa Anda tidak dalam posisi [untuk menyalahgunakan kekuatan], dan jangan melakukan tindakan kejam atau pelanggaran kriminal seperti kekerasan fisik, pelecehan verbal, dan pengawasan anggota The East Light," lanjut si ayah.

"Saya harap Anda belajar menghormati kemanusiaan seseorang," tambahnya sambil mengirimkan foto stang yang diduga digunakan Moon untuk memukul putranya.

Segala rekaman itu diakui Jung baru sebagian saja dan ia berencana menyerahkan seluruh bukti ketika ia mengajukan tuntutan pidana.

Sembari menunjukkan bukti kekerasan, pengacara telah mengajukan tuntutan ke pengadilan terkait kasus tersebut. Langkah ini diambil untuk menepis pernyataan agensi yang menyangkal semua dugaan perilaku tidak menyenangkan itu.

(tsy/end)