Caitlyn Jenner Protes Kebijakan Transgender Donald Trump

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 24/10/2018 10:13 WIB
Caitlyn Jenner Protes Kebijakan Transgender Donald Trump Caitylin Jenner yang seorang transgender menyatakan sikap atas keputusan Donald Trump terkait keseragaman jenis kelamin (Foto: REUTERS/Danny Moloshok)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bintang televisi Caitlyn Jenner merasa eksistensi kaum transgender di mata hukum terusik dengan kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Pasalnya, terungkap bahwa pemerintahan Trump dengan ketat mendefinisikan jenis kelamin berdasarkan kelamin seseorang saat dilahirkan.

Jenner, yang mengubah kelamin menjadi wanita sejak 2015 angkat bicara melalui media sosial.




"Administrasi Trump dengan ganas menyerang komunitas saya lagi. Asalkan Anda tahu, Tuan Presiden, militer adalah badan dengan kaum transgender terbesar di dunia. Memo yang bocor ini adalah serangan yang tidak dapat diterima di komunitas saya," jelas Jenner.

"Kami tidak bisa dihapuskan!" seru ayah dari Kendall dan Kylie Jenner itu.

Minggu kemarin, New York Times menyingkap sebuah memo rancangan yang menyatakan bahwa Departemen Kesehatan dan Layanan Manusia AS ingin menciptakan keseragaman definisi jenis kelamin di bawah 'Title IX', sebuah undang-undang hak sipil federal yang melarang diskriminasi gender dalam program pendidikan dengan bantuan keuangan pemerintah.

Dalam memo itu, departemen tersebut memperdebatkan definisi hukum baru terkait jenis kelamin yang 'ditentukan oleh alat kelamin saat lahir' sebagai sesuatu yang tidak dapat diubah.

"Jenis kelamin berarti status seseorang sebagai pria atau wanita berdasarkan ciri-ciri biologis tetapi pada saat atau sebelum lahir. Jenis kelamin pada sertifikat kelahiran seseorang, seperti yang semula diterbitkan, harus merupakan bukti pasti dari jenis kelamin seseorang, kecuali dibantah oleh bukti genetik yang dapat diandalkan," jelas memo itu.

Memo itu terang saja membangkitkan amarah Jenner. Menengok ke belakang, masih teringat kala Bruce Jenner mengumumkan identitas barunya sebagai perempuan secara mengejutkan pada April 2015.



Mantan atlet medali emas Olimpiade itu memilih mengumumkan kabar tersebut melalui wawancara di sebuah televisi, tanpa sepengatahuan keluarga intinya.

Pada Juli 2015, wanita 67 tahun itu mantap mengubah namanya menjadi Caitlyn Jenner.

Januari 2017 menjadi babak baru bagi Caitlyn sebab dirinya mengaku telah melakukan operasi plastik untuk mengubah kelaminnya.

Kini, ayah tiri Kim Kardashian itu dikenal sebagai salah satu wanita transgender kelas atas di Amerika (tsy/rea)